17 Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android agar tidak boros - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

17 Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android agar tidak boros

Tidak dipungkiri lagi memang sekarang fitur di ponsel Android sudah banyak dan tentunya pemakaian baterai pun semakin tinngi, tidak hanya dari fitur android yang menguras baterai tapi aplikasi dan game yang terpasang di Android juga menjadikan baterai boros.

17 Cara Sederhana Menghemat Baterai Smartphone Android agar tidak boros

Kali ini Zakiya punya tips untuk menghemat Baterai Android yang bisa langsung dicoba tanpa instal aplikasi tambahan seperti aplikasi penghemat baterai.

1. Matikan Wifi dan Bluetooth


Jangan lupa Matikan fitur WiFi dan Bluetooth saat tidak digunakan, Karena saat fitur WiFi dalam keadaan hidup secara otomatis Android akan mencari Hotspot atau Jaringan WiFi. Hal ini juga memaksa Android menggunakan daya baterai lebih banyak.

2. Atur Kecerahan Layar


kecerahan layar

Atur kecerahan layar Android kamu seminim mungkin terutama dalam ruangan gelap, hal ini juga mempengaruhi pemakaian baterai dan biar lebih enak saat mata melihat layar Android tidak terlalu terang.

3. Daydream atau Lamunan


daydream atau lamunan

Fitur ini bisa juga dibilang seperti screen Saver yang akan muncul ketika Android sedang tidak digunakan dalam waktu yang ditentukan, fitur ini juga akan menguras baterai Android kamu.

Karena jika fitur ini diaktifkan layar Android tidak akan langsung mati tapi masih menampilkan Lamunan atau screen saver seperti jam, gambar atau animasi jadi matikan saja.

4. Sleep Time / Waktu Tidur Layar


sleep timer

Fitur ini adalah batas waktu saat Android tidak di gunakan sampai layar Android mati, jadi atur waktu nya jadi 15 detik biar ketika kamu tidak menggunakan Android selama 15 detik layar Android otomatis mati sendiri.


5. Getar / Vibrate


vibrate call

Jika kamu sudah menggunakan ringtone ketika ada panggilan lebih baik matikan fitur getar ini, karena fitur ini lebih menguras pemakaian baterai dari pada menggunakan ringtone saja.

6. Recent Apps


recent apps

Buang aplikasi dari Recents Apps (lihat gambar diatas) jika sudah selesai digunakan, biar tidak terlalu banyak aplikasi yang aktif. Hal ini juga melegakan penggunaan RAM.

7. Lokasi atau GPS


lokasi atau GPS

Fitur ini menurut saya juga menguras pemakaian baterai, Fitur ini berguna dalam mengetahui lokasi dan bisa menunjukkan navigasi jika kamu sedang dalam perjalanan jauh. Jadi, jika kamu sedang tidak menggunakannya matikan saja fitur ini.

8. Widget Home Screen


widget homescreen

Gunakan widget di Home screen seperlunya saja atau gunakan widget jam saja, karena ada yang bilang terlalu banyak widget juga menguras pemakaian baterai.

[ Baca juga : Daftar Versi Android dari Pertama Rilis sampai Sekarang ]

9. Live Wallpaper


live wallpaper

Jika kamu ingin menghemat baterai Android, Live Wallpaper juga menjadi penyebab boros nya pemakaian baterai jadi jangan menggunakan fitur ini, kalau bisa gunakan wallpaper warna hitam saja atau wallpaper bawaan Android tersebut.


10. Uninstall atau Force Stop Aplikasi


hapus aplikasi

Hapus aplikasi yang tidak digunakan, selain melegakan memori dan RAM, juga dapat menghemat baterai Android. Jika kamu tetap ingin menyimpan aplikasi tersebut sebaiknya di Force Stop atau Tutup Aplikasi secara paksa, dengan begini aplikasi tidak akan berjalan dilatar belakang.

11. Tipe Jaringan


preferred jaringan

Gunakan tipe jaringan yang paling stabil di daerah, kalau bisa gunakan jaringan 2G kalau di daerah kamu masih stabil menggunakan jaringan 2G dan jangan pernah menggunakan tipe jaringan 4G jika baterai Android kamu ingin lebih hemat.

12. Flash Kamera


flash kamera off

Matikan Flash / Lampu kamera saat digunakan di ruangan yang sudah terang, hal ini juga pengaruh terhadap pemakaian baterai, Gunakan saat diperlukan saja atau ketika saat digunakan dalam ruangan kurang cahaya.

13. Mode Pesawat


mode pesawat

Saat kamu berada di lingkungan yang minim sinyal lebih baik aktifkan mode pesawat, karena Android bekerja lebih keras untuk mencari sinyal secara terus menerus, hal ini juga mengakibatkan baterai boros.

14. Nonaktifkan Getar dan Nada Tombol


other sound

Matikan Nada sentuh dial Pad, Suara sentuh, Suara kunci layar dan Bergetar saat di sentuh, dengan mematikan ke 4 fitur ini baterai Android kamu akan semakin hemat.

Bayangkan jika kamu mengaktifkan nya saat kamu tekan tombol home atau back Android akan bergetar, ngetik nomor atau 1 huruf saja Android akan berbunyi. Jadi Matikan saja.

15. Baterai Di Charge Maksimal


Jangan cabut charger kalau baterai belum full dan charge baterai saat dibawah 15%, maksimalkan saat Android sedang di Charge karena hal ini juga mempengaruhi hemat nya baterai.

Jika baterai Android kamu tipe Lithium sebaik sering charge jika Android sedang tidak digunakan dan jangan mainkan Android dalam keadaan di charge.

16. Power Saver


power saver

Jika kamu pengguna ASUS sebaiknya aktifkan fitur Power Saver ini, fitur ini berguna mangatur penggunaan baterai Android kamu, kamu bisa setting ke mode Performance, mode Normal, power Saving dan Super Saving, atur seperlunya saja.

17. Matikan Notifikasi Aplikasi


Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengirimkan notifikasi. tapi biasanya di pengaturan bisa dihilangkan notifikasi di aplikasi tertentu.

Cara ini bisa membantu menghemat baterai karena mengurangi aktivitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem (background).

Dari cara di atas bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan tentu saja yang paling efektif kamu harus selalu sedia Power Bank jika lagi dalam perjalanan atau jauh dari colokan listrik. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin menghemat baterai Android.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp