Daftar Nama OS Android Lengkap dan Terupdate - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Daftar Nama OS Android Lengkap dan Terupdate

Android adalah Sistem Operasi yang berbasis Linux yang dirancang khusus Smartphone dan Tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android Inc. dengan dukungan finansial dari Google, pada tahun 2005 Google membelinya dan resmi dirilis Android Beta pada tahun 2007.

Daftar Nama OS Android Lengkap dan Terupdate

Versi pertama dari Android yang mulai dijual secara komersil dirilis pada bulan Oktober tahun 2008 yaitu Android 0.1, dan pada tahun 2009 versi Android dinamai berdasarkan nama makanan pencuci mulut dan penganan manis.

Dibawah ini merupakan versi Android dari yang pertama rilis sampai sekarang yaitu Android versi 8.0., biar tidak penasaran langsung saja Zakiya akan memberikan daftar nya:

Android Beta


Android Beta perdana dirilis tepat pada 5 November 2007, lalu Google merilis Software Development Kit (SDK) 12 November 2007.

Android 1.0 (Astro)


Android pertama dinamai Astro dimana perdana dirilis pada 23 September 2008. Akan tetapi, nama tersebut tidak menjadi nama resmi di versi perdana OS jenis Android ini karena alasan trademark dan hak cipta, Android dengan versi ini tidak ada yang dijual secara komersil.

Android 1.1 (Bender)


Versi ini adalah updater guna perbaikan sejumlah bugs, menambah sejumlah fitur dab mengganti API yang dirilis pada 9 Februari 2009.

Sama seperti versi sebelumnya nama Android ini juga tidak jadi nama resmi dari versi Android karena alasan hak cipta, telepon seluler pertama dengan Sistem Operasi Android yaitu HTC Dream yang dijual secara komersil.

Android Cupcake v1.5


Pembaharuan dari nama Android versi pertama untuk  OS Android yang menggunakan nama makanan adalah Cupcake yang dirilis pada tanggal 30 April 2009.

Baca juga : 17 Cara Ampuh Menghemat Baterai Android agar Tidak Boros

Android Donut v1.6


Pada versi ini Android memiliki peningkatan di fitur pencarian serta UI lebih user friendly yang pertama kali dirilis 15 September 2009.

Versi ini hadir untuk menutupi bug pada versi sebelumnya sekaligus  penambahan beberapa fitur dan didukung pula dengan layar beresolusi WVGA.

Android Eclair v2.0 - v2.1


Di versi ini masih fokus untuk menutupi bug di versi sebelumnya dan penambahan beberapa fitur seperti Bluetooth, flash kamera, fitur digital zoom pada kamera, multi-touch, Live Wallpaper, dan fitur lainnya. Versi ini dirilis pada 9 Desember 2009.

Android Froyo (Frozen Yoghurt) v2.2


Dirilis Pada tanggal 20 Mei 2010. Di versi ini dilengkapi dengan dukungan Adobe Flash Player 10.1, penggunaan SD Card dan peningkatan membuka serta menutup aplikasi dengan cepat.

Android Gingerbread v2.3


Banyak peningkatan dari versi Android ini dan fitur yang dibawanya dibanding versi sebelumnya, versi ini dirancang guna memaksimalkan aplikasi dan game yang dirilis pada 6 Desember 2010 dan pada versi ini Sistem Operasi Android sudah mulai banyak dikenal.

Android Honeycomb v3.0 -v3.2


Versi ini di fokuskan untuk perangkat Tablet yang dirilis pada tanggal 22 Februari 2011. yang mana perangkat pertama yang menggunakan versi ini adalah tablet Motorola Xoom.

Android Ice Cream Sandwich v4.0 - v4.0.4


Dirilis pada 19 Oktober 2011. Bisa dibilang merupakan versi Android sebelumnya yang disempurnakan, dan dioptimalkan untuk penggunaan baik smartphone maupun tablet.

Pada versi ini User Interface yang tampak lebih bersih dan elegan serta dioptimalkan di urusan multitasking.

Android Jelly Bean V4.1 – v4.3


Versi ini adalah pembaruan penting yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja antarmuka pengguna (UI).

Pembaruan ini diwujudkan dalam "Proyek Butter", perbaikan ini termasuk antisipasi sentuh, triple buffering, perpanjangan waktu vsync, dan peningkatan frame rate hingga 60 fps untuk menciptakan UI yang lebih halus. Android 4.1 Jelly Bean resmi dirilis pada tanggal 9 Juli 2012.

Android KitKat v4.4


Sebelumnya pada versi ini akan diberi nama 'Key lime Pie' tapi dengan izin Nestlé dan Hershey pada Android v4.4 resmi diberi nama Kitkat.

Versi ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013 dimana pada versi ini di klaim lebih ringan untuk digunakan di perangkat dengan RAM 512 MB.

Android Lollipop v5.0 – v5.1


Versi ini pertama kali diperkenalkan pada 25 Juni 2014 selama presentasi keynote pada konferensi pengembang Google I / O.

yang mana di versi ini disuguhkan desain antarmuka (tampilan) yang baru dinamakan "Material Design" dan fitur baru yang dinamakan FRP (Factory Reset Protection).

Android Marshmallow v6.0


Versi Android ini resmi dirilis pada bulan September tahun 2015. Marshmallow juga memiliki skema manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa itu tidak sedang aktif dan mengatur ulang semua pengaturan jaringan.

Tersedia untuk pertama kalinya pada Android, yang membersihkan pengaturan terkait jaringan untuk WI-FI, Bluetooth dan koneksi seluler.

Android Nougat v7.0 - v7.1


Resmi dirilis pada tanggal 22 Agustus 2016. Sebelumnya pemberian nama pada Android 'N' diperkirakan akan dinamakan Nutella dan Nastar, hingga akhirnya Google lebih memilih memberi nama Nougat. 

Android Oreo v8.0


Dikenal sebagai Android “O”, tanggal 21 Agustus 2017, Google secara resmi mengungkap bahwa “Oreo” adalah nama yang mereka pilih untuk versi Android terbaru tersebut. Di versi ini akan memberikan daya tahan baterai yang lebih baik dan akan meminimalisir penggunaan aplikasi di latar belakang.

Kabarnya di versi ini adalah soal fitur multitasking yang bahkan dibuat lebih baik lagi, mengingat banyaknya aplikasi dan aktifitas yang bersamaan di gunakan oleh pengguna di Android.

Android Pie v9.0


Android versi ke 9 ini pertama kali digunakan oleh perangkat-perangkat seri Pixel besutan Google lewat pembaharuan Over-The-Air.

Fitur terbarunya antara lain Smart Reply dari notifikasi, ditambahkannya mode gelap, editing screenshot, digital welbeing, Lockdown, Navigasi berbasis Gesture, kunci rotasi dan Adaptive baterai.

Karena pada saat peluncuran versi Android pie v9.0 ini banyak perangkat Android yang menggunakan Poni alias 'Notch' maka android pie juga menyediakan fasilitas simulasi notch untuk developer agar bisa melihat tampilan aplikasi di smartphone berponi.

Android 10


Pada tanggal 3 september 2019 Android resmi merilis versi terbarunya yaitu Android 10. Kehadiran Android 10 ini merupakan gebrakan baru karena sebelumnya Android menggunakan nama makanan penutup untuk tiap sistem operasi yang diluncurkannya.

Untuk fitur dari Android 10 yang banyak dinantikan adalah Dark Theme Universal, terdapat gesture baru yang semakin memudahkan pengguna, Pengaturan privasi yang lebih baik dengan mengutamakan izin dari pengguna, bisa melakukan undo ketika meng-uninstall aplikasi.

tidak hanya itu, banyak fitur keren lainnya di Android 10 seperti Fitur Live Caption bisa memberikan subtitel pada video dan audio secara otomatis, Pengguna dapat mengontrol notifikasi dengan lebih baik, Bisa mengganti warna aksen dari handphone-mu di Android 10, dan fitur keren lainnya.

Oke itulah Daftar Nama OS Android lengkap dari awal hingga sekarang.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp