Cara Cek Memory Card Asli atau Tidak - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Cek Memory Card Asli atau Tidak

Cek Memory Card - Pada saat kamu membeli Smartphone, biasanya kamu bertanya apakah smartphone tersebut mendukung slot SD Card atau tidak. SD Card singkatan dari Secure Digital Card adalah sebuah format kartu memori flash atau bisa juga dikatakan penyimpanan eksternal.

SD Card ada 3 tipe :

1. SDHC Card


SDHC (SD High Capacity) adalah pengembangan selanjutnya dari SD card yang meski tidak merubah bentuk dan desain, namun kini kecepatan dan kinerjanya telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. SDHC diluncurkan tahun 2007. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB.


2. Mini SD Card


Mini SD yang kecilnya hanya 20 x 21,5 mm dan microSD dengan ukuran 11 x 15 mm, memori jenis ini memang cocok untuk dipasang di Smartphone atau MP3 player. Bagi yang ingin memakai memori miniSD pada perangkat yang memiliki slot SD, maka diperlukan sebuah adapter (biasanya disertakan saat membeli miniSD / microSD).


3. Micro SD Card


Micro SD atau Trans Flash pada dasarnya adalah SD Card ukuran micro,mengenai perbedaan antara keduanya adalah dari fisik dan konsumsi daya. Pada perangkat portable tertentu Micro SD bisa difungsikan sebagai SD Card dengan penambahan adaptor Micro SD.

[ Baca juga : Daftar 50 Kode Rahasia Android ]

Sekarang banyak merk SD Card dan tipe kecepatan transfer nya, kalau dilihat dari fungsinya SD Card asli atau palsu sama digunakan untuk penyimpanan eksternal, hanya saja yang palsu lebih cepat rusak atau corrupt dan kecepatan transfer nya lebih lambat.

Langkah Langkah Cek SD Card Asli atau Palsu


1. Download aplikasi SD Insight di Google Play Store.

2. Buka aplikasi nya dan pada saat pertama buka akan ada tampilan seperti gambar dibawah ini:

Cek SD Card- tampilan pertama SD Insight

Klik Accept dan SD Insight akan memberitahukan merk dan kapasitas SD Card kamu.

3. Pilih Tab SD Card untuk mengecek Memory Eksternal (SD Card).


tab info SD Card

Dari gambar diatas bisa dilihat bahwa Memory card yang saya gunakan Merk SanDisk, Model SL32G, Kapasitas Memory 31GB dan Manufacture Date atau Tanggal pembuatan September 2015.

Terus gimana cara mengecek Asli atau Palsu? Tenang saja jika SD Card yang kamu gunakan asli maka spesifikasi dari SD Card kamu akan tampil di aplikasi SD insight, jika palsu akan tampil gambar yang beda dari merk yang tertera di SD Card atau tidak menampilkan gambar.

4. Jika kamu ingin mengetahui tipe memory internal, ubah ke tab MMC Card.


tab info MMC card

Gambar diatas menunjukkan bahwa MMC card atau memori internal yang terdapat di Android yang saya pakai Merk Samsung, Model F722MB, Kapasitas Memory 7,8GB dan Manufacture Date atau Tanggal pembuatan Juni 2016.

[ Baca juga : Cara Mengetahui Kecepatan Write & Read SD Card di Android ]

5. Untuk lebih jelasnya tentang SD Card kamu klik icon mata di kanan atas, setelah mengecek menggunakan aplikasi SD Insight ini sekarang kamu tahu bahwa Memory card yang kamu gunakan asli atau palsu.

Jadi jika kamu mau membeli SD Card baru cari yang bergaransi atau kalau membeli yang bekas bisa di cek menggunakan aplikasi ini dulu palsu atau tidak nya, jika tidak sesuai dengan yang tertera di memory card di pastikan bahwa memory card tersebut palsu, dan semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin membeli Memory Card.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp