Cara Browsing Internet Secara Anonim di HP Android - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Browsing Internet Secara Anonim di HP Android

Cara Browsing Internet Secara Anonim di Smartphone Android - Internet bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya. Bisa jadi, ada seseorang yang ingin mendapatkan data pribadi kamu untuk melakukan tindakan kejahatan, seperti penipuan atas nama kamu.

Tidak peduli kamu mengakses internet dari mana, riwayat dan aktivitas internet kamu sepenuhnya dipantau oleh lembaga pemerintah, ISP, router, dan bahkan peretas di sekitar kamu. Tidak ada kata aman untuk hal ini.

Namun, kamu dapat tetap berinternet secara 'anonim' untuk sementara waktu. Dengan demikian kamu dapat menjelajah secara pribadi, lengkap atau sebagian tanpa khawatir data pribadi kamu diketahui oleh orang lain.

Tutorial kali ini akan menunjukkan beberapa cara efektif untuk tetap berinternet secara anonim, pribadi, dan aman saat menjelajah online kapanpun dan dimanapun kamu membutuhkannya.

#1 - Gunakan Mode Incognito di Android


Beralih ke mode incognito atau mode penyamaran adalah cara paling populer dan paling dasar yang biasa digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia untuk menjelajah secara pribadi. Mode penyamaran tidak menawarkan anonimitas aman apa pun untuk kamu di Internet.

Mode Incognito

Ini hanya mematikan riwayat perekaman oleh browser yang kamu gunakan sampai kamu kembali ke mode normal. Umumnya, hampir setiap aplikasi browser android menyediakan mode penyamaran atau mode pribadi mereka sendiri. Yang banyak di pakai adalah mode incognito yang disediakan browser Google Chrome di Android.

Jika kamu menggunakan browser Google Chrome dan keyboard GBoard, maka antarmuka keyboard juga akan beralih ke mode penyamaran saat kamu membuka tab penyamaran di Google Chrome. Dengan demikian, baik keyboard maupun browser tidak akan menyimpan catatan untuk riwayat penelusuran kamu.

[ Baca juga : Cara Transfer File dari Android ke PC Tanpa Kabel Data ]

#2 - Menonaktifkan pengaturan GPS / Lokasi


Browser dan situs web mengumpulkan detail lokasi kamu dengan radio GPS di smartphone Android. Kamu harus mematikannya sebelum mulai menjelajah diinternet. Dengan demikian, data pribadi yang mencakup informasi tentang lokasi kamu tidak akan terekam.

Nonaktifkan Lokasi

Juga, jangan mengaktifkan GPS atau pengaturan lokasi jika tidak diperlukan. Jangan pernah mengizinkan setiap situs web untuk mengakses rincian lokasi kamu, bahkan secara tidak sengaja, hal ini wajib kamu lakukan jika ingin berinternet dengan aman.

#3 - Gunakan VPN atau Proxy


VPN atau Proxy digunakan untuk menirukan identitas kamu di internet dan membuat kamu seakan-akan menjelajah dari negara lain. Proxy hanya mengubah negara kamu dan menyembunyikan alamat IP terluar, yang kemungkinan besar akan ditelusuri kembali ke kamu.

ISP kamu juga dapat menemukan dan mengetahui apa yang kamu lakukan saat berinternet. Jadi, metode terbaik adalah menggunakan VPN (Virtual Private Network). Karena VPN memungkinkan kamu membuat koneksi aman antara server VPN tertentu.

MasterVPN

Ketika kamu terhubung ke server VPN menggunakan aplikasi klien yang berdiri sendiri, Android dan server VPN akan membuat koneksi terenkripsi yang aman melalui terowongan . Oleh karena itu, setiap koneksi internet dari smartphone Androi akan melalui terowongan ini.

Permintaan akan dikirim ke server dari server VPN dan bukan dari smartphone Anda secara langsung. Hal ini membuat kamu tetap privasi untuk server situs web lainnya.

Karena koneksi dienkripsi, pemerintah atau ISP kamu tidak akan dapat mengetahui konten yang diterima oleh perangkat kamu. Ada banyak aplikasi VPN di Play Store yang bisa kamu gunakan untuk smartphone Android seperti VPN Master, Turbo VPN , SuperVPN dll.

#4 - Ubah Search Engine di Android


Pasti kamu menggunakan Google sebagai mesin pencari, karena Google adalah mesin pencari paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone dan PC di seluruh dunia.

Tetapi mereka mengumpulkan data lengkap kamu melalui smartphone kamu dan dari riwayat pencarian. Mereka dapat melacak kamu dengan baik dan memberikan saran apa yang ingin kamu cari berikutnya berdasarkan riwayat penelusuran sebelumnya.

DuckDuckGo

Hal ini menunjukkan seberapa dalam data kamu disimpan oleh mereka. Satu-satunya cara untuk mendapatkan privasi di antara mesin pencari adalah beralih ke mesin pencari yang aman dan dapat diandalkan, seperti DuckDuckGo.

DuckDuckGo adalah mesin pencari pribadi yang banyak digunakan dan cocok untuk semua orang. DuckDuckGo menyediakan riwayat pencarian tanpa sensor yang memungkinkan kamu menjelajah tetap aman.

#5 - Gunakan DNS yang Friendly


DNS atau Domain Name Server , adalah server utama tempat browser smartphone kamu mencari alamat IP yang sama dengan nama domain yang baru saja kamu masukkan. Dalam beberapa kasus, DNS default akan menjadi DNS ISP sendiri atau yang lainnya.

Banyak orang yang menggunakan Google DNS (8.8.8.8/8.8.4.4). Tetapi apakah DNS ini memberikan keamanan dan privasi yang cukup?

Berikut ini cara mengubah server DNS pada smartphone Android kamu saat menggunakan WiFi:

ubah DNS di WiFi

  • Buka pengaturan Wi-Fi pada smartphone Android kamu.
  • Klik dan tahan di jaringan yang terhubung untuk menampilkan opsi lainnya.
  • Ubah Pengaturan IP ke Statis.
  • Ubah DNS 1 ke 1.1.1.1 dan ubah DNS 2 ke 1.0.0.1
  • Untuk pengaturan lainnya biarkan default.
Tapi untuk kamu yang menggunakan data seluler, caranya sedikit berbeda, yaitu dengan menggunakan aplikasi seperti DNS changer.

DNS Changer

  • Buka Google Play Store dan download aplikasi DNS Changer.
  • Buka aplikasi DNS Changer dan isi IP server DNS kamu.
  • Klik Tombol Start untuk mengubah DNS.
Sampai tahap ini kamu sudah berhasil mengubah DNS sesuai yang kamu inginkan, ada banyak aplikasi yang serupa yang bisa kamu download dan kamu gunakan.

#6 - Gunakan Proxy Web


Proxy web sama halnya browser virtual pribadi yang dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Daripada mengunjungi situs web secara langsung, kamu bisa menggunakan fitur anonim yang disediakan oleh web proxy ini dan mengunjungi situs yang sudah tersedia.

Web Proxy Hide.me

Hal ini juga mencegah catatan riwayat karena situs dimuat dalam situs proxy saja. Beberapa situs web proxy yang bisa kamu gunakan seperti proxy hide.me , Whoer Proxy, KProxy, dll. Mereka juga melindungi data pribadi dan alamat IP kamu.

[ Baca juga : Cara Mengatasi "Sayangnya, Kamera Telah Berhenti" di Android ]

#7 - Gunakan Jaringan TOR


The Onion Router atau Tor adalah server yang membuat pengguna menjadi anonim dalam internet. Tor bekerja dengan cara mengarahkan lalu-lintas internet melalui jaringan sukarelawan yang disediakan dengan gratis di seluruh dunia, dengan lebih dari 4.000 relay.

Saat kamu membuat koneksi dengan jaringan TOR dari smartphone kamu, perangkat kamu akan terhubung ke seluruh jaringan. Ada ribuan server menengah bernama node atau relay di jaringan. Juga, IP kamu akan sama dengan beberapa pengguna lain di jaringan TOR.

Cara kerjanya, ketika kamu mencoba mengunjungi situs web, permintaan akan dienkripsi dan diteruskan ke server relay lain di TOR. Ini kemudian diteruskan ke yang lain setelah satu set enkripsi, prosesnya diulang setidaknya 3 kali, dan kemudian hasilnya akan dikirim kembali dan di enkripsi dengan cara yang sama.

Orbot TOR Browser

Jika kamu menggunakan cara ini, setidaknya kamu harus menggunakan browser yang dirancang khusus untuk menjelajah menggunakan jaringan TOR, karena ada situs tertentu yang disebut situs Union yang hanya bisa diakses melalui browser TOR.

Untuk smartphone Android, kamu bisa menggunakan aplikasi Orbot yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store, kamu cukup membuka aplikasi Orbot dan terhubung ke TOR menggunakan Proxy TOR.

Orfox adalah aplikasi peramban yang didedikasikan untuk jaringan TOR. Kamu dapat menggunakan browser Orfox untuk menelusuri situs bawang (.union) dan situs web normal lainnya melalui jaringan TOR.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai Cara browsing di Internet secara Anonim di smartphone Android.

Meskipun banyak cara yang membuat kita tetap aman dan pribadi saat browsing diinternet, tapi sebagian besar Android yang dikustomisasi oleh OEM akan memiliki setidaknya cacat yang mungkin memengaruhi privasi berinternet kamu.

Saran saya, harus lebih selektif mencari dan menggunakan smartphone kamu selain menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp