Cara Memperbaiki Ikon Desktop Rusak (Corrupt) Pada Windows 7//8/10 - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Memperbaiki Ikon Desktop Rusak (Corrupt) Pada Windows 7//8/10

Cara Memperbaiki Ikon Desktop Rusak (Corrupt) Pada Windows 7/8/10 - Pengguna Windows sering mengeluh tentang ikon desktop yang rusak, masalah seperti ini sering terjadi dan pasti dirasakan semua pengguna Windows.

Ikon-ikon yang digunakan Windows untuk dokumen dan program kamu disimpan dalam cache ikon, sehingga ikon-ikon itu dapat ditampilkan dengan cepat alih-alih harus perlahan-lahan memuatnya setiap waktu.

Jika karena suatu alasan, satu atau lebih ikon desktop pada Windows rusak, kamu dapat memperbaikinya dengan membangun kembali cache ikon tersebut. Berikut adalah cara memperbaiki ikon desktop yang rusak pada Windows 7 dan Windows 10, karena untuk kedua versi Windows tersebut berbeda caranya.

Pada Windows 7 sendiri yang bisa kamu lakukan diantaranya menggunakan file .bat, memperbaiki lewat Command Prompt, hapus database cache ikon dan menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan untuk Windows 10 sendiri bisa menggunakan Command Prompt dan hapus cache ikon secara manual.

Memperbaiki Ikon Desktop Windows 7 Yang Rusak


Kamu dapat membangun kembali cache ikon di Windows 7 untuk memperbaiki ikon desktop yang rusak dengan mengikuti salah satu metode yang dijelaskan di bawah ini, tergantung menurut kamu yang dirasa lebih mudah digunakan.

Metode 1: Gunakan File .bat


Untuk membangun kembali file cache ikon desktop, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:
  • Buka Notepad
  • Tempelkan kode di bawah ini
taskkill /F /IM explorer.exe

cd /d %userprofile%AppDataLocal

attrib –h IconCache.db

del IconCache.db

start explorer.exe
  • Simpan sebagai IconFix.bat
  • Pergi ke tempat kamu menyimpan file dan klik dua kali di atasnya

Metode 2: Menggunakan Command Prompt


Jika kamu merasa lebih nyaman dengan cara ini, kamu dapat menggunakan Command Prompt yang sudah tersedia di Windows:
  • Pergi ke Start dan cari cmd
  • Klik kanan dan pilih Run as Administrator
  • Kemudian jalankan perintah berikut:
cd /d %userprofile%AppDataLocaldel IconCache.db
start explorer.exe
attrib –h IconCache.db
taskkill /F /IM explorer.exe


Metode 3: Hapus Database Cache Ikon


Cache ikon adalah file tersembunyi yang terletak di Folder Lokal. Yang perlu kamu lakukan adalah menghapus file IconCache.db dan restart PC kamu sehingga Windows membuat file IconCache.db baru setelah me-restart sistem.
  • Aktifkan opsi show hidden file untuk melihat file Icon Cache dengan cara buka Windows Explore dan klik Organize - Folder and search options
  • Pada jendela selanjutnya klik tab View - dan centang Show hidden files, folders, or drivers

Show Hidden Files and Folders

  • Arahkan ke folder C: UsersusernameAppDataLocal dan kemudian hapus file IconCache.db - Ganti <Userusername> dengan nama login yang sama dengan akun Windows kamu.
  • Restart komputer atau laptop untuk membangun kembali cache ikon windows yang rusak
[Baca juga : Hal Penting Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Install Ulang Windows]

Metode 4: Gunakan Software Pihak Ketiga


Jika kamu tidak bisa melakukan salah satu dari metode diatas, kamu bisa menggunakan software pihak ketiga untuk menghapus file cache ikon dengan aman, jangan ragu untuk melakukan ini karena ada banyak alat online yang dapat kamu gunakan untuk hal ini.

Memperbaiki Ikon Desktop Windows 10 Yang Rusak


Untuk membangun kembali cache ikon di Windows 10, Kamu harus menghapus semua file ikoncache yang muncul di folder ini. Ini tidak sesederhana mengklik dan menekan Delete seperti pada Windows 7, disini ada 2 metode yang bisa kamu gunakan yaitu dengan CMD dan menghapus file ikon secara manual.

[ Baca juga : Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NO_INTERNET pada Windows 7/8/10 ]

Metode 1: Menggunakan Command Prompt


Kamu bisa menggunakan program yang sudah tersedia di Windows yaitu Command Prompt, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Masuk ke folder Explorer di drive C: kamu
  2. Klik kanan pada Explorer dan pilih Open command window here
  3. Ketik dir untuk memastikan kamu berada di tempat yang tepat. kamu harus melihat file icon cache kamu
  4. Klik kanan pada taskbar Windows dan pilih Task Manager
  5. Dalam jendela Task Manager dan kemudian End task. Setelah kamu menutup Windows Explorer, taskbar dan menu Start tidak akan terlihat tetapi jangan khawatir, ini adalah fase normal.
  6. Ketik del iconcache* ke dalam jendela Command. Tanda bintang setelah iconcache diperlukan untuk memastikan semua file dengan nama yang dimulai dengan iconcache akan dimasukkan dalam operasi penghapusan
  7. Ketik dir untuk memastikan file cache ikon hilang. Jika satu atau lebih file cache ikon masih terdaftar, itu berarti beberapa aplikasi masih berjalan di latar belakang sehingga menutupnya dan ulangi prosedur lagi, jika perlu.
  8. Restart komputer kamu

Metode 2: Hapus File Cache Ikon Secara Manual


Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini, kamu akan secara manual menghapus file cache ikon dan me-restart komputer kamu untuk membiarkan Windows 10 secara otomatis membuat file cache ikon baru:
  1. Buka Windows Explorer , klik tab View dan beri tanda centang di sebelah Hidden Items
  2. Arahkan ke folder berikut: C: Users<nama pengguna kamu>AppDataLocal. <nama pengguna kamu> adalah nama pengguna akun kamu di PC dan "C" adalah huruf drive dari drive tempat Windows 10 diinstal.
  3. Di bawah direktori Local, cari file bernama IconCache (IconCache.db)
  4. Klik kanan pada file dan kemudian klik Delete
  5. Klik kanan pada ikon Recycle Bin di desktop dan kemudian klik Empty Recycle Bin untuk mengosongkan IconCache.db dan file lainnya
  6. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan restart komputer kamu

Dengan adanya artikel ini, Zakiya berharap dapat membantu kamu mengembalikan ikon desktop kamu normal kembali dengan menggunakan salah satu metode yang dijelaskan di atas. Berhasil tidaknya cara diatas atau ada pertanyaan lain seputar artikel ini bisa tanyakan dikolom komentar.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp