Menggunakan Fetch as Google Agar Artikel Terindex Dengan Cepat - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Menggunakan Fetch as Google Agar Artikel Terindex Dengan Cepat

Menggunakan Fetch as Google Agar Artikel Terindex Dengan Cepat - Hal ini memungkinkan kamu menguji cara Google meng-crawl atau merender URL di blog kamu, agar url artikel baru dari blog kamu cepat terindex di Google.

Kamu dapat menggunakan Fetch as Google untuk melihat apakah Googlebot dapat mengakses halaman di blog kamu, caranya dalam merender halaman, dan apakah ada resource halaman (misalnya gambar atau skrip) yang diblokir untuk Googlebot.

Hal ini juga merupakan bagian dari SEO yang bagus dan bisa kamu manfaatkan, karena pihak Google sendiri menyarankan fasilitas tersebut agar artikel baru dari blog kamu cepat terindex di pencarian Google.

Didalam Fetch as Google ada 2 pilihan untuk menggunakan fitur ini, pertama adalah Fetch dan yang kedua Fetch and Render, terus apa bedanya kedua fitur tersebut?

Perbedaan Ambil (Fetch) dengan Ambil dan Render (Fetch and Render)


Ambil (Fetch) : Tidak meminta atau menjalankan resource apa pun yang dikaitkan (hanya mengambil link url) di halaman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk memberitahukan jika ada artikel atau postingan baru di blog kita.

Ambil dan Render (Fetch and Render) : Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource di halaman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat halaman kamu dan cara pengguna melihat halaman kamu.

Untuk Fetch and Render ini bisa kamu gunakan ketika ada perubahan struktur template di blog kamu, seperti penambahan kode skrip baru, widget baru atau halaman baru. Gimana sudah tahu perbedaan dari keduanya? kalau gitu lanjut ke cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Fetch as Google


Sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus mendaftarkan blog ke Google webmaster atau Google search console terlebih dahulu, jika belum pernah mendaftarkan silahkan daftarkan dan caranya bisa kamu baca di tautan berikut:

[ Baca juga : Cara Daftar dan Verifikasi Blog ke Google dan Bing Webmaster Tools ]

Jika sudah mendaftarkan dan verifikasi blog ke Google webmaster tools, langsung saja ikuti langkah-langkah menggunakan fetch as Google:

1. Masuk ke dashbord Google webmaster tools atau Klik disini.
2. Pada menu dibagian sisi kiri, pilih menu Perayapan (Crawl) - dan Ambil sebagai Google (Fetch as Google), bisa dilihat pada gambar dibawah:

Fetch as Google

3. Masukkan URL yang ingin di Fetch caranya seperti berikut:

https://www.kimikozakiya.com/2018/12/fix-0x000000c4-windows-7.html

Ingat, untuk memasukkan url yang diambil hanyalah yang saya tandai warna kuning seperti link diatas, untuk nama blog tidak usah dimasukkan karena akan terjadi error nantinya.

4. Jika sudah kamu tinggal memilih Fetch (Ambil) atau Fetch and Render (Ambil dan Render), lebih jelasnya sudah saya terangkan perbedaan dari keduanya diatas, sebagai contoh saya menggunakan Fetch and Render, maka hasilnya akan seperti berikut:

Fetch as Google - Fetch and Render

Kemudian klik tombol Request Indexing, dan akan ada jendela seperti berikut:

Fetch as Google

Silahkan centang im not a robot, untuk crawl only this URL dan Crawl this URL and its direct links akan saya bahas fungsinya terlebih dahulu.

Crawl only this URL/Rayapi URL ini saja : jika memilih opsi ini Google hanya melakukan crawl pada URL yang kamu masukkan tadi, dan bisa kamu gunakan opsi ini sebanyak 100 kali dalam satu bulan.

Crawl this URL and its direct links/Rayapi URL ini dan tautan langsungnya : jika memilih opsi ini Google akan melakukan crawl URL yang kamu masukkan dan link yang ditemukan dihalaman tersebut dan hanya dibatasi 10 kali dalam satu bulan.

5. Jika sudah klik tombol Kirim (Go).

Pada tahap ini URL sudah terindex di Google dan silahkan cek, tapi jika belum tunggu beberapa menit saja, cara mengeceknya ketik di Google "site:URL postingan baru" Jika URL yang dimaksud muncul di hasil pencarian berarti postingan tersebut sudah berhasil terindex.

Kamu juga bisa menghapus URL yang sudah terindex di Google, yang bisa kamu manfaatkan untuk hapus url yang error, caranya bisa kamu baca pada Tautan ini.

Gunakan Fetch hanya untuk submit artikel atau postingan baru, dan Fetch and Render jika ada struktur template yang berubah, oke sekian tutorial cara menggunakan Fetch as Google, dan Happy Blogging :)

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp