Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Install Ulang Windows - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Install Ulang Windows

iHal yang WAJIB Dilakukan Setelah Install Ulang PC/Laptop - Apakah kamu baru saja menginstal ulang windows? Jika iya, berarti sistem yang ada di pc kamu kembali seperti baru dan ada beberapa hal penting sebaiknya kamu lakukan.

Meng-install ulang Windows sangatlah mudah dilakukan. Namun tak sedikit orang masih belum tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah install ulang.

Banyak alasan mengapa orang melakukan install ulang pada PC ataupun laptopnya. Ada yang dikarenakan terkena virus, lambat, terlalu banyak software terinstal, ada data yang corrupt, dan masih banyak lagi.

Dipastikan setelah instal ulang ada beberapa fitur seperti webcam, wifi, LAN dan lain sebagainya tidak berfungsi. Maka dari itu zakiya akan memberitahukan beberapa hal penting yang cukup wajib dilakukan setelah install ulang windows.

[ Baca juga : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama ]

1. Setting BIOS Seperti Semula


Mungkin ada beberapa komputer atau laptop pada saat instal ulang tidak harus mengubah urutan dari booting di Bios, tapi jika saat menginstal windows urutan booting diubah ke flashdisk misalnya, maka kamu harus mengembalikan ke semula, yaitu Hard Drive.

Hal ini bertujuan agar pertama kali booting dari HDD atau Hard Drive.

  • Restart PC kamu kemudian masuk ke menu BIOS, jika sudah pindah ke tab Boot dengan menekan tombol panah kanan atau kiri.
  • Kemudian Ganti posisi HDD atau Hard Drive ke posisi teratas.
  • Jika sudah klik tombol F10, akan ada notif Setup Confirmation, lalu pilih yes.

Tunggu sampai komputer atau laptop kamu selesai me-restart.

2. Update Windows


Update Windows

Hal kedua yang sebaiknya kamu lakukan adalah melakukan update windows. Karena Microsoft secara rutin merilis update dan patch untuk memperbaiki bugs, menambal celah keamanan, bahkan menambahkan fitur baru.

Update Windows ini bisa berlangsung dengan cepat ataupun sangat lama, tergantung dari seberapa banyak file update yang akan didownload dan seberapa cepat koneksi internet kamu.

Meski nantinya windows akan melakukan update secara otomatis, alangkah baiknya kamu melakukan update langsung setelah baru instal ulang windows.

Langkah-langkah untuk melakukan update Windows:

  • Klik Start - Buka Control Panel.
  • Pilih System and Security.
  • Kemudian klik Windows Update.

Jika sudah masuk ke menu Windows Update, klik Install updates dan tunggu sampai proses update selesai.

3. Install Software atau Program


Setelah berhasil melakukan update pada windows, langkah selanjutnya adalah menginstal software atau program yang menurut zakiya wajib ada di komputer atau laptop kamu.

+ Software Ekstrak File

Software pertama yang wajib kamu instal adalah software untuk ekstrak file seperti .zip atau .rar, dalam hal ini kamu bisa menggunakan software seperti WinRAR, 7zip atau software yang serupa lainnya.

+ Web Browser

Sebenarnya Windows sudah menyediakan browser bawaan seperti Internet Explorer atau Edge, tetapi banyak juga orang tidak menggunakan browser kedua tersebut dengan alasan lambat.

Alternatifnya kamu bisa menggunakan browser gratis dan populer seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Maxthon, UC Browser, dan masih banyak lagi tentunya.

+ Pemutar Video

Sebenarnya di windows juga ada pemutar video bawaan dari windows, tapi ada beberapa user yang lebih menggunakan aplikasi pemutar video lainnya.

Untuk software pemutar video ada banyak seperti GOM Player, KMPlayer, VLC atau software pemutar video lainnya.

+ Pemutar Musik

Jika kamu suka mendengarkan musik saat bekerja menggunakan komputer atau laptop, maka saya sarankan untuk menginstal software pemutar musik seperti AIMP, Winamp, dan software pemutar musik lainnya.

+ Software Office

Software wajib yang harus diinstal adalah software untuk membuat dokumen, pengolah data dan software untuk membuat presentasi.

yap, software yang saya rekomendasikan disini adalah Microsoft Office, antara lain Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint dan software microsoft office lainnya.

+ PDF Reader

Software yang satu ini juga penting untuk membuka file PDF di komputer atau laptop kamu, banyak software untuk membuka file PDF seperti Adobe Reader, Foxit Reader, NitroPDF atau software yang serupa.

4. Update Driver


Driver adalah sebuah software yang bisa menghubungkan antara hardware dengan komputer, maka dari itu kamu harus melakukan update.

Saat melakukan update windows, tidak semua driver juga ikut ter-update, maka dari itu kamu harus melakukan update driver secara manual, untuk driver bisa kamu cari di internet atau situs resmi dari merk laptop kamu.

Tapi, jika kamu malas melakukan update driver secara manual kamu bisa menggunakan aplikasi seperti iObit Driver Booster untuk melakukan update driver secara otomatis.

5. Memastikan Antivirus Up-To-Date


Bagi kamu yang menggunakan Windows 8/10, kamu bisa menggunakan Windows Defender yang sudah terinstal di windows untuk menghalau virus. Jika kamu menggunakan antivirus lain seperti Avast, Norton, AVG, dsb, pastikan kamu manginstall versi yang paling baru.

6. Personalisasi Windows


Saat pertama install windows pasti ada pengaturan yang tidak sesuai dengan keinginan kita, seperti background desktop, resolusi layar dan pengaturan lainnya.

Maka dari itu kamu perlu mengubah semua pengaturan dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan dan keinginan teman-teman, atau jika sebelumnya pernah login dengan akun Microsoft maka pengaturan yang sudah tersimpan sebelumnya bisa kamu terapkan kembali.

7. Backup Image


Image disini bukan gambar atau foto, melainkan membackup pengaturan windows kamu.

Backup image ini berguna jika suatu saat Windows kamu bermasalah, kamu tidak perlu menginstall ulang dan mengulangi semua langkah diatas, kamu tinggal restore saja image yang sudah kamu buat dan Windows bakal siap kamu gunakan.

Dengan melakukan 7 hal diatas sistem Windows kamu bisa berjalan secara aman dan optimal, dan jika artikel ini membantu bantu share ke sosial media kamu ya.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp