Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru - Blog sebenarnya bagian dari situs website yang dapat diakses secara online oleh siapa saja, fungsi utama blog memuat tulisan-tulisan dan gambar yang dimuat dalam setiap postingan dalam sebuah website.

Seringkali orang yang baru saja mengenal dunia blogging tidak tahu atau mengabaikan apa saja yang harus dilakukan setelah blognya jadi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah membuat blog, namun rincian dari setiap hal-hal yang ada di blog cukup banyak untuk dijelaskan, kali ini saya akan membahas hal-hal yang menurut saya harus dilakukan setelah membuat blog yang tentunya akan berpengaruh pada perkembangan blog itu sendiri.

Apakah kamu baru selesai membuat blog, atau tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah itu? jika iya, kamu bisa mengikuti dan melakukan beberapa hal yang akan zakiya jelaskan dibawah ini:

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

Hal Penting Untuk Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru, Berikut ini hal-hal inti yang harus kamu lakukan dalam mengelola blog, mungkin tips ini mampu membuat blog bisa bersaing dipencarian google atau menjadikan blog terlihat lebih profesional.

1. Setting Template


Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur template blog. Desain blog kamu sebagus mungkin, biar pengunjung enak mengunjungi blog kamu, seperti mengatur navigasi blog, menambah logo dan favicon, memasang widget yang diperlukan.

[ Baca juga : Perhatikan Hal Ini Sebelum Kamu Memulai Membuat Blog ]

#Tentukan Template Blog

Buat tampilan blog sebagus mungkin dengan mengubah sendiri template ataupun jika tidak bisa mengedit kamu bisa membeli template yang sudah banyak dijual di website penyedia template, dalam hal ini carilah template yang proses loading blog cukup cepat, kalau bisa dibawah 1 detik.

Karena Itu, Google kini mulai memberikan peringkat yang lebih baik kepada situs atau blog yang memiliki loading lebih cepat dan yang memberikan dukungan kepada perangkat mobile, oleh karena itu carilah template yang responsive, yang artinya bisa dibuka di perangkat apa saja.

#Mengubah Logo dan Favicon

Yang tak kalah penting buatlah logo untuk blog kamu, karena logo merupakan identitas dari blog , biasanya logo dari blog akan terpasang di bagian header dan footer.

Selanjutnya buatlah Favicon. Apa itu favicon? yaitu ikon utama yang muncul pada address bar pada suatu laman web dan merupakan logo dari laman web tersebut, selain disebut favicon juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

#Buatlah Navigasi Blog

Navigasi blog adalah elemen paling penting. Navigasi terdiri dari menu-menu yang harus ada di sebuah blog. Antara lain, halaman tentang blog, syarat dan ketentuan pengguna, kontak, kebijakan privasi dan kategori-kategori lain yang nantinya berisikan postingan dari blog kamu.

Navigasi seperti menu label yang ada diblog sangat berguna buat pengunjung untuk menelusuri lebih dalam dari blog kamu. hal ini yang juga menjadi penyebab tinggi dan rendahnya Bounce Rate suatu blog.

Bounce rate ini semacam tolak ukur berapa lama pengunjung berada diblog kamu dan menklik tautan yang lain yang ada diblog. Semakin rendah nilai Bounce rate semakin bagus blog di mesin pencari.

#Gunakan Widget Yang Diperlukan

Pasanglah widget di blog kamu seperti widget Popular Post, Recent Post, media sosial, widget newsletter atau widget lainnya yang diperlukan, ingat! pakai widget yang diperlukan saja, karena kalau widget terlalu banyak akan menyebabkan loading blog lebih lambat.

Yang terpenting jangan terlalu lama mengurus tampilan blog, ubah template responsive, pasang widget yang diperlukan, karena blog tidak hanya dilihat dari tampilan tetapi konten yang ada didalam blog

2. Mendaftarkan Blog Ke Google dan Bing Webmaster Tools


Jika kamu mempunyai blog baru pasti tidak akan langsung terindex di mesin pencari seperti Google dan Bing, maka dari itu kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu, hal ini wajib dilakukan untuk para blogger yang baru.

[ Baca juga : Cara Daftar dan Verifikasi BLOG ke Google dan Bing Webmaster Tools ]

3. Daftarkan situs ke Google Analytic


Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs blog atau website.

Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

4. Buat Sosial Media Blog (opsional)


Selanjutnya yang harus yang kamu lakukan yaitu membuat sosial media blog, entah itu fanspage facebook, akun twitter, Google+ dan sosial media lainnya.

Apa gunanya? yaitu media untuk mempromosikan blog yang membuat blog kamu lebih dikenal orang, menambah pembaca blog dari sosial media selain bergantung ke mesin pencari, meningkatkan ranking blog di mesin pencari, dan masih banyak lagi.

[ Baca juga : Peran Penting Media Sosial Untuk Sebuah Blog ]

5. Menggunakan Domain Khusus (opsional)


Dengan menggunakan domain khusus di blog, akan membuat blog itu lebih profesional dibanding yang masih menggunakan .blogspot atau .wordpress, dan dengan ini pengunjung akan lebih percaya dan url blog lebih mudah diingat.

Siapkan domain khusus seperti .com, .id, .net dll. ini sebenarnya jika kamu bersungguh-sungguh menjadi blogger, sarankan saya untuk mengubah domain kamu ke Top Level Domain atau domain tingkat tinggi, misalnya www.namablogkamu.com.

6. Buat Artikel yang Berkualitas


Satu hal yang membuat orang lain betah membaca blog kamu yaitu karena isi artikel berkualitas dengan terus update rutin, hal ini juga merupakan SEO dasar biar nantinya artikel yang kamu buat nangkring di page one google.

Rekomendasi terbaik saat ini minimal 1000 kata dengan ulasan yang mendalam. Jika kamu menulis satu topik,usahakan untuk memberikan gambaran mengenai apa yang sedang dibahas, tapi ingat jangan sampai keluar topik pembahasan dikarenakan ingin menulis dengan 1000 kata.

7. Daftar Blog ke RSS Directory


RSS directory membantu blog kamu akan lebih sering dirayapi robot mesin pencari, semakin sering dikunjungi maka blog kamu lebih dikenal dan lebih cepat terindex di mesin pencari.

Submit blog ke RSS directory akan mempercepat backlink ke blog, tapi submit blog di RSS directory hanya untuk blog yang masih baru dan masih belum mempunyai pengunjung banyak, namun blog yang sudah memiliki pengunjung banyak hal ini tidak perlu lagi kamu lakukan.

Kesimpulan ...

Dari pembahasan diatas ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan, seperti daftar dan submit ke mesin pencari seperti Google dan Bing, sebenarnya ini hanya sedikit dari apa yang harus kamu lakukan untuk blog baru, tapi saya rasa itu dulu sudah cukup.

Nanti kamu harus juga tau apa itu SEO, bagaimana mencari kata kunci, dan usahakan mencari kata kunci yang persaingannya tidak terlalu sulit, sehingga artikel memiliki kesempatan tampil di page one dan mendatangkan banyak pengunjung.

Belajar lebih dalam lagi mengenai dunia blog, baik itu cara penulisan artikel yang baik atau lihat tutorial belajar blog lainnya agar blog kamu menjadi blog yang populer dan berkualitas.

Artikel ini saya khususkan buat kamu yang masih benar-benar baru dalam dunia blog, banyak yang harus dilakukan tapi saya cukupkan sampai disini saja, pesan saya teruslah menulis dan teruslah belajar tentang blog yang bisa kamu dapatkan disini.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp