Cara memperbaiki Secure Boot Violation pada BIOS ASUS Setelah Pembaruan KB3133977 Windows 7 - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara memperbaiki Secure Boot Violation pada BIOS ASUS Setelah Pembaruan KB3133977 Windows 7

Cara memperbaiki Secure Boot Violation pada BIOS ASUS Setelah Pembaruan KB3133977 Windows 7 - pembaruan KB3133977 adalah perbaikan yang berguna untuk masalah yang menghentikan BitLocker mengenkripsi drive karena layanan crash di svhost.exe.

Memperbaiki adalah hal yang baik, bukan? Tapi tidak jika kamu menggunakan motherboard Asus dalam kasus ini. Bukannya memperbaiki bug yang ada, malah hanya menambah masalah pada komputer atau Laptop Asus kamu.

Pihak Microsoft sendiri menyadari error Secure Boot Violation pada komputer atau laptop Asus yang menjalankan Windows 7 setelah instalasi pembaruan KB3133977, hal ini diungkapkan dengan jelas pada Support Page Microsoft. Kurang lebih artinya seperti ini:

"Setelah Anda menginstal pembaruan 3133977 pada sistem berbasis Windows 7 x64 yang mencakup main board berbasis ASUS, sistem tidak memulai, dan ini menghasilkan error Secure Boot pada layar BIOS ASUS. Masalah ini terjadi karena ASUS mengizinkan main board untuk mengaktifkan proses Secure Boot meskipun Windows 7 tidak mendukung fitur ini."

Kenapa begitu? Karena motherboard ASUS menerapkan fitur Microsoft Secure Boot secara default untuk melindungi komputer dari serangan malware.

Secure Boot melakukan pemeriksaan loader untuk boot ke OS. Sayangnya untuk pengguna Windows 7, OS ini tidak mendukung Secure Boot. Saat kamu menginstal pembaruan KB3133977, sistem mendeteksi Loader key OS yang tidak konsisten yang menyebabkan kegagalan boot.

[ Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Komputer Hang Not Responding ]

Secure Boot didukung pada Windows 10, oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa kamu gunakan adalah meng-upgrade ke Windows 10. Namun, jika kamu tetap mau menggunakan Windows 7, Kamu dapat menggunakan solusi berikut:

Memperbaiki Secure Boot Violation pada Asus Windows 7


1 - Masuk ke UEFI - dan navigasikan ke Advanced Mode Menu > Boot\Secure Boot.
2 - Pada "OS Type" ganti menjadi "Other OS".

Secure Boot Violation

3 - Tekan F10 untuk Menyimpan perubahan dan reboot.
4 - Periksa UEFI Advanced Menu > Boot\Secure Boot, dan pastikan apakah "Platform Key (PK) State" berubah menjadi "Unloaded".
5 - Jika berubah menjadi Unloaded silahkan keluar dari UEFI, dan sistem dipastikan akan melakukan boot secara normal.

Jika kamu benar mengikuti cara diatas, saya jamin masalah Secure Boot Violation pada komputer ASUS kamu sudah teratasi, dan komputer akan booting secara normal.

Jika artikel ini membantu boleh donk share ke sosial media kamu, siapa tahu ada teman kamu yang mengalami hal serupa pada komputer atau laptop yang sedang digunakan. Good Luck!

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp