Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat (100% Terbukti) - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat (100% Terbukti)

Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat (100% Terbukti) - Saya yakin, kamu yang sedang membaca tutorial ini dikarenakan ingin mempercepat download file menggunakan IDM yang lebih cepat dari biasanya.

Setiap orang pasti ingin mendownload file diinternet dengan lebih cepat, bahwa koneksi internet yang cepat dapat memudahkan dalam mendownload berbagai macam file, dan terlebih lagi bagi kamu yang sering download file gajah yang ukurannya bisa sampai hitungan Gigabyte.

Oleh karena itu banyak pengguna komputer yang mencoba mempercepat kecepatan download dengan melakukan sedikit trik yang bisa mempercepat IDM, siapa sih yang suka menunggu lama hanya untuk download file? pasti semuanya butuh yang cepat, kan?

[ Baca juga : Tips Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Lebih Kuat ]

Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat


Kali ini zakiya mempunyai trik yang bisa mempercepat proses download menggunakan IDM hingga lebih cepat dari biasanya, kamu hanya perlu sedikit mengubah setelan dari IDM tersebut. Oke langsung saja simak langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama buka aplikasi Internet Download Manager yang ada di PC kamu.
2. Kemudian klik menu Download - dan Pilih Option.
3. Nanti akan mucul jendela baru, yaitu Internet Download Manger Configuration.
4. Silahkan klik menu Connection. nanti akan tampil seperti gambar dibawah:

Configuration connection IDM

5. Ganti Connection Type/Speed menjadi 'High speed: Direct connection (Ethernet/Cable) / WiFi / Mobile 4G / other'.
6. Kemudian ganti juga Default max. conn. number yang sebelumnya 8 menjadi 16.
7. Jika sudah klik OK.

Penjelasan dari setelan diatas:

Connection Type/Speed adalah untuk memaksimal koneksi internet, kita harus memanfaatkan fitur ini supaya IDM menggunakan semua kecepatan koneksi internet kita untuk melakukan proses download.

Kelebihan jika menggunakan 'High speed: Direct connection (Ethernet/Cable) / WiFi / Mobile 4G / other' ini proses download akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Tapi, kekurangannya jika saat proses download sedang berlangsung, aktifitas seperti browsing akan lebih lambat, dikarenakan kuota kecepatan internet banyak digunakan untuk proses download.

Sedangkan Default max. conn. number adalah untuk memaksimalkan kinerja dari server tempat file yang ingin didownload, yang artinya melakukan koneksi sebanyak mungkin (Multiple File Stream) dan mendownload file dalam beberapa bagian secara bersamaan.

Kelebihan jika mengatur Default max. conn. number ini adalah proses download berlangsung lebih cepat, karena jumlah koneksi yang dilakukan ke file server dalam waktu yang bersamaan sangat banyak. Tapi, kekurangannya kadang beberapa file server membatasi jumlah koneksi maksimal bagi sebuah PC untuk melakukan download.

Untuk setelan Default max. conn. number ini tidak harus diubah ke 16, kamu bisa menyettingnya ke 8, 16 maupun 32. lakukan hal ini dengan mencoba satu persatu dari maksimal koneksi yang diberikan, tapi saran saya gunakan yang 16 saja.

[ Baca juga : 100% Berhasil Mengatasi VPN Tidak Berfungsi di Windows 7 ]

Akhir kata

Perlu diingat, cara ini bukan mempercepat koneksi internet, hanya memaksimalkan proses download yang sedang berlangsung, untuk penambahan kecepatan yang akan didapat ditentukan oleh koneksi internet yang kamu gunakan.

Sebenarnya, jika kita cari tutorial diinternet untuk mempercepat download IDM akan beragam caranya, mulai dari menggunakan software IDM Optimizer, mengatur file registry ataupun menggunakan Proxy.

Saya rasa semua itu akan sia-sia saja, bukannya mempercepat download malah hanya membuang buang waktu saja. yang saya sarankan hanya yang saya tulis pada artikel ini, sekian dari saya dan semoga cara ini berhasil di PC kamu. Terima kasih :)

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp