Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstall di Android - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstall di Android

Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstall di Android - Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat layar sentuh seperti smartphone dan komputer tablet, dan pengguna Android semakin hari semakin semakin bertambah.

Android milik Google memang tidak sebagus iOS milik Apple dalam urusan keamanan, karena di Android sendiri bisa menginstal aplikasi dari luar Play Store, berbeda dengan Windows Phone atau iOS yang wajib instal aplikasi dari App Store.

Pada kesempatan kali ini zakiya ingin membagikan beberapa tips untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada smartphone Android milik kamu, berikut ini adalah cara untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada smartphone Android kamu:

[ Baca juga : Cara Mengatasi "Sayangnya, Kamera Telah Berhenti" di Android ]

1. Jangan Install Aplikasi dari Sumber yang Tidak Diketahui


Pasti kamu pernah meminta aplikasi kepada teman dalam bentuk APK, kamu sendiri tidak tahu sumber dari aplikasi tersebut, apa itu di-download dari Google Play Store atau mendownload nya di website penyedia aplikasi Android.

Tapi jika kamu menginstall aplikasi dari Play Store, sudah dipastikan bahwa aplikasi tersebut sudah lulus berbagai tes dari Google (walaupun sebenarnya banyak juga aplikasi sampah yang bertebaran).

Jika kamu menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui yang pasti aplikasi tersebut tidak dites oleh Google, izin penggunaan hardware atau data yang tak jelas, dan mungkin sudah disisipi malware dan lain-lain.

2. Gunakan Sideload Apps jika Membutuhkan Saja


Gak semua aplikasi tersedia di Play Store contoh mudahnya adalah game Fortnite. Game baru besutan Epic Games tersebut memang sengaja tak hadir di Play Store sehingga mau tak mau user harus mendownload game tersebut dari website resmi Fortnite dan menginstallnya via sideload apps.

Sideload adalah proses yang memungkinkan kamu menginstal aplikasi di perangkat mobile seperti smartphoen Android tanpa melalui Google Play Store.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan sideload apps, pastikan kamu install saat membutuhkannya saja dan kamu juga wajib mengetahui dulu sumber saat mendownload aplikasinya. Tapi lebih baik install aplikasi dari Google Play Store saja.

3. Manfaatkan Google Play Protect


Buat kamu yang belum tahu, Google Play Protect merupakan sebuah layanan (fitur) keamanan baru untuk perangkat Android yang kamu gunakan. Fitur ini akan memperingatkan kamu jika mendeteksi aplikasi yang berpotensi membahayakan, dan menghapus aplikasi tersebut dari Android.

Play Protect

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah, pertama buka Play Store > Play Protect, selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut (Play Protect) pada smartphone Android milikmu dengan memilih opsi “Scan device for security threats”.

[ Baca juga : Cara Browsing Internet Secara Anonim di HP Android ]

4. Gunakan Play Store, Jangan Install dari Store Pihak Ketiga


Terkadang banyak orang yang suka menginstall aplikasi bukan dari Play Store, dengan alasan banyak aplikasi yang jauh lebih menarik dan gratis yang tidak kamu temukan di Play Store. Tapi, perlu kamu ketahui hal tersebut sama halnya dengan kamu menginstall aplikasi dari sumber yang tak diketahui.

Jadi dengan demikian resiko menginstall aplikasi berbahaya pada smartphone kamu jauh lebih besar dibandingkan kamu menginstall aplikasi tersebut dari Google Play Store.

Itulah tips untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall di Android, dan untuk tips dan tutorial menarik lainnya bisa kamu dapatkan disini setiap hari.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp