Cara Mengaktifkan atau Memunculkan Opsi Pengembang Android (Developer Options) - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Mengaktifkan atau Memunculkan Opsi Pengembang Android (Developer Options)

Cara Mengaktifkan atau Memunculkan Opsi Pengembang Android - Mungkin kamu ingin mengaktifkan USB debugging, membuka kunci bootloader Android, atau hanya men-tweak animasi pada smartphone android kamu.

Apapun alasan kamu ingin mengakses opsi tersembunyi yang ada di setiap perangkat Android, Kamu harus membukanya terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti panduan sederhana di bawah ini untuk mempelajari cara memunculkan atau mengaktifkan opsi pengembang di Android.

Sebelum lanjut, saya akan menjelaskan apa itu Opsi Pengembang?

Developer options atau Opsi pengembang adalah salah satu fitur opsi yang terdapat dalam pengaturan sistem Android. Manfaatnya sangat banyak, kamu bisa memodifikasi android kamu, melakukan flashing atau rooting, dan lain sebagainya.

Secara default, opsi pengembang di perangkat Android disembunyikan. Ini karena mereka benar-benar dirancang untuk pengembang yang ingin mengujinya dan membuat perubahan yang dapat memengaruhi kinerja ponsel Anda.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Android


Kamu dapat mengaktifkan opsi Pengembang di smartphone atau tablet Android apa pun dengan mencari Build Number di menu Pengaturan dan mengetuknya beberapa kali. Namun, lokasi pasti dari build number yang disebutkan di atas berbeda-beda tergantung pada tipe android yang kamu gunakan.

Opsi Pengembang (Developer Option)

Untuk Samsung Galaxy - Buka Pengaturan > Tentang perangkat > Build Number.
Untuk HTC - Buka Pengaturan > Tentang > Informasi perangkat lunak > Lainnya > Build Number.
Untuk LG - Buka Pengaturan > Tentang telepon > Info perangkat lunak > Build Number.
Untuk Xiaomi - Buka Pengaturan > Tentang telepon > Build Number / Miui Version.

Jika Build Number sudah ketemu silahkan ketuk sebanyak tujuh kali. Setelah beberapa ketukan pertama, Kamu akan melihat langkah-langkah menghitung mundur hingga kamu dapat memunculkan opsi pengembang.

Setelah diaktifkan, Kamu akan melihat pesan yang berbunyi, "Anda sekarang menjadi pengembang!" kembali ke menu Pengaturan dan cari menu Opsi Pengembang atau Developer Option.

[ Baca juga : 9 Penyebab GPS di Smartphone Android Tidak Akurat]

Untuk kamu yang menggunakan Android versi 9.0 (Android Pie)

Buka Pengaturan Android, lalu ketuk "Sistem" Pada halaman berikutnya, ketuk "Lanjutan" lalu ketuk "Tentang ponsel", yang mungkin muncul di bagian bawah atau di bagian atas, tergantung pada versi Android Pie yang kamu gunakan.

lalu ketuk dengan cepat setidaknya 7 kali pada "Nomor Bentukan" atau "Build Number" di bagian bawah untuk mengaktifkan menu "Opsi pengembang". Kamu mungkin perlu memasukkan PIN Android setelah 7 ketukan sebelum dapat dibuka kuncinya.

Cara menonaktifkan Opsi Pengembang di Android


Clear Data Setting

Cara pertama - Buka Setelan (Setting) Android - Cari menu Apl atau Aplikasi (Apps).
Kemudian cari aplikasi setelan / setting / pengaturan pada tab All Aplikasi atau Aplikasi terpasang (Xiaomi).
Kemudian pilih dan ketuk aplikasi setelan (setting) tersebut jika sudah ditemukan.
Terakhir ketuk hapus data / clear data dan pilih OK jika muncul persetujuan.

Jika cara diatas masih belum bisa menonaktifkan atau menghilangkan opsi pengembang (Developer Options), kamu bisa menggunakan cara yang kedua yaitu mereset android ke pengaturan pabrik.

Cara kedua - Buka Setelan (Setting) Android - cari Pengaturan Tambahan - Cadangkan & Reset - Factory data Reset - Reset telepon (Reset phone). Perlu diingat, dengan menggunakan cara ini pengaturan dan data yang terdapat pada memori internal akan terhapus.

Saya tidak menyarankan cara yang kedua (menonaktifkan opsi pengembang) ini, kecuali kamu sudah bersedia menerima resikonya yaitu kehilangan data pada memori internal.

[ Baca juga : 24 Game Bertema One Piece Android dan Konsol]

Itu dia cara opsi Pengembang dihapus dari menu Pengaturan kamu, tetapi kamu masih bisa mengaktifkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas.

Opsi pengembang di Android memungkinkan kamu untuk melakukan sejumlah tindakan, tetapi fitur tersebut benar-benar dirancang untuk pengembang untuk mendebug aplikasi mereka dan mengubah pengaturan sistem yang berbeda. Karena itu, saya menyarankan untuk tidak mengubah pengaturan apa pun tanpa terlebih dahulu memahami masing-masing fungsi yang ada di opsi pengembang.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp