#6 Cara Mengatasi ADB Devices Tidak Terbaca di PC - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

#6 Cara Mengatasi ADB Devices Tidak Terbaca di PC

Cara Mengatasi ADB Devices Tidak Terbaca/Terdeteksi di PC - Akhir-akhir ini smartphone hadir di mana-mana, kebutuhan untuk mentransfer file dari PC ke smartphone kamu dan sebaliknya muncul.

Tidak hanya itu, kamu mungkin perlu men-debug aplikasi tertentu atau menginstal yang baru dll. Untuk itu utilitas baris perintah yang disebut ADB atau Android Debug Bridge sering digunakan.

Tapi, kadang ada pengguna yang mendapatkan masalah PC tidak dapat terhubung ke smartphone mereka, meskipun menurut mereka, mereka telah melakukan segalanya dengan benar. Oleh karena itu saya akan memberi tutorial untuk hal ini, tutorial mengatasi ADB device yang tidak terdeteksi.

Sebelum lanjut ke tutorial, alangkah baiknya untuk mengetahui apa penyebab ADB Devices tidak terbaca (Tidak terdeteksi)
  • Driver tidak diperbarui . Driver adalah program yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan antarmuka dan OS android kamu. Jika tidak diperbarui, kamu mungkin mengalami kesalahan ini.
  • USB debugging tidak diaktifkan. Mode ini diperlukan agar ADB dapat berfungsi di perangkat Android kamu.
  • Pemilihan mode koneksi yang salah . Mode koneksi yang benar harus dipilih untuk jenis transfer yang ingin kamu inisiasikan.

Cara 1 - Mengubah Mode Koneksi


Pilih Mode MTP

Android memiliki mode koneksi yang berbeda yang terkadang menjadi penyebab masalah ini. Dalam kasus ADB, kita membutuhkan MTP (Media Transfer Protocol) .

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa android kamu mungkin memiliki file Transfer alih-alih MTP yang sama. Untuk ini, yang harus kamu lakukan adalah:
  1. Pastikan android kamu terpasang dengan benar.
  2. Tarik ke bawah jendela notifikasi dan pilih pemberitahuan koneksi USB .
  3. Di sana, pilih MTP sebagai mode koneksi.
Catatan: Ada beberapa android yang bisa menggunakan mode PTP, jadi sesuaikan saja sampai android benar-benar terhubung ke PC.

[ Baca juga : 100% Berhasil Mengatasi VPN Tidak Berfungsi di Windows 7 ]

Cara 2 - Mengaktifkan Opsi Pengembang dan Debug USB


aktifkan USB Debugging

Hal yang wajib dilakukan, pastikan kamu telah mengaktifkan USB Debugging pada perangkat kamu karena ADB tidak berfungsi sebaliknya. Untuk melakukannya:
  1. Buka Pengaturan ponsel Anda dan pilih Tentang Ponsel.
  2. Di menu Tentang ponsel, ketuk pada 'Builder number/MIUI Version' sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.
  3. Setelah itu balik ke pengaturan, cari pengaturan tambahan (additional settings) - cari opsi pengembang (developer options)
  4. Gulir ke bawah dan aktifkan 'USB Debugging'.
Catatan: Yang saya gunakan diatas adalah android Xiaomi, untuk cara android yang lain bisa disesuaikan atau mungkin sama.

Cara 3 - Mengupdate ADB Interface


Terkadang, masalahnya adalah karena driver ADB Interface yang belum/minta diupdate. Untuk memperbarui driver, yang harus kamu lakukan adalah:
  1. Di komputer kamu, klik kanan pada 'My Computer' dan pilih Device Manager.
  2. Di jendela selanjutnya, kamu akan melihat 'Android ADB interface' atau 'Android Phone'. Klik kanan dan pilih 'Update Driver Software'.
  3. Setelah itu, pilih 'Browse my computer for driver software'.
  4. Kemudian, pilih 'Let me pick from a list of device drivers on my computer'.
  5. Sebuah jendela akan muncul, pastikan 'Show all devices' disorot dan klik next.
  6. Klik opsi 'Have Disk'.
  7. Pergi ke tempat kamu menginstal SDK kamu yang biasanya C: \ Program Files \ Android \ android-sdk \ extras \\ google \ usb_driver \ ,kemudian double klik pada android_winusb.inf
  8. Pilih 'Android ADB interface' dari daftar.
  9. Klik 'Yes' dan kemudian klik 'Install'.
  10. Tunggu hingga instalasi selesai dan kemudian keluar.
Catatan: jika belum terdeteksi, sebaiknya lepas USB antar PC dan android, reboot Android dan coba hubungkan kembali.

Cara 4 - Instal Universal ADB Windows Driver


Jika kamu yakin bahwa cara yang disebutkan di atas masih belum bekerja, menginstal Universal ADB Windows Driver mungkin bisa menjadi solusi bagi kamu. Cukup sederhana, unduh driver dari situs web resmi mereka dan instal.

[ Baca juga : 15 Perintah CMD Yang Wajib Diketahui Pengguna Windows ]

Cara 5 - Mengulangi Proses Mulai ADB


Tapi jika dalam tahap keempat belum bisa membuat android terdeteksi di PC, kamu bisa menggunakan cara yang kelima ini, yaitu mematikan koneksi ADB dan menghidupkan kembali, kamu bisa mengetikan perintah berikut di CMD:

adb kill-server

kemudian enter, dan ketikkan lagi perintah berikutnya, jangan lupa enter:

adb start-server

Cara Terakhir - Ganti Kabel USB


Jika tidak ada cara yang berhasil mengatasi ADB Device tidak terdeteksi, mengganti kabel baru mungkin adalah solusi terakhir bagi kamu. Kemungkinan kabel kamu rusak yang berarti tidak peduli apa yang kamu lakukan, masalah kamu akan tetap karena masalahnya bukan dari driver melainkan kabel USB itu sendiri.

Coba kamu gunakan untuk mengisi daya, jika tetap tidak bisa kemungkinan ada masalah dengan kabel USB, untuk itu coba ganti dengan kabel USB yang lain - Semoga beruntung.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp