Cara Mudah Mengatasi Komputer Hang Not Responding - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Mudah Mengatasi Komputer Hang Not Responding

Cara Mudah Mengatasi Komputer Hang Not Responding - Komputer ataupun laptop dengan spesifikasi rendah memang cenderung memiliki produktivitas dan performa yang lebih rendah.

Komputer atau laptop yang memiliki harga relatif murah cenderung lebih lelet dibandingkan dengan laptop mahal, tetapi ada juga komputer atau laptop mahal yang kadang juga lelet bahkan sampai muncul notifikasi not responding.

Komputer atau laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menggunakannya untuk keperluan tugas kuliah, mengerjakan pekerjaan kantor, nonton film, streaming video di YouTube ataupun untuk bermain game.

Kadang-kadang pada saat kita mengerjakan tugas kuliah ataupun saat main game, tiba-tiba komputer atau laptop yang kita pakai mengalami masalah semacam hang atau macet, tentu kejadian seperti ini membuat siapapun akan jengkel dan galau, dan ujung-ujungnya kepikiran untuk menginstal ulang.

Eiittss.. jangan dulu, karena zakiya akan membagikan terkait hal yang membuat komputer atau laptop kamu macet, hang atau Not Responding.

Masalah seperti ini sering kali terjadi karena banyaknya file sampah dan juga cache pada komputer ataupun laptop, cache sendiri akan menambah beban pada RAM apabila tidak dibersihkan yang akhirnya membuat komputer atau laptop menjadi lelet (lemot).

1. Uninstal Software yang Tidak Penting


Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan jarang digunakan pada komputer maupun laptop yang nantinya membuat hang, macet dan not responding, hal tersebut bisa terjadi sebab proses di dalam komputer untuk membuka aplikasi terlalu banyak.

Jadi biar tidak hang, macet atau not responding nantinya alangkah baiknya untuk menghapus beberapa aplikasi yang mungkin saja jarang atau tidak pernah dipakai sama sekali, hal ini saya buktikan di laptop temen saya yang spesifikasinya rendah dan terbukti ampuh.

[ Baca juga : Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca 100% Berhasil ]

2. Sistem Operasi Bermasalah


Apabila Sistem Operasi yang kamu gunakan bermasalah maka tentunya akan membuat kinerja komputer atau laptop kurang maksimal, salah satunya terjadi not respon dan akan menimbulkan kegagalan pada saat install software.

Solusi cepat bisa dengan repair atau install ulang.

3. Penggunaan Skin/Tema yang Berlebihan


Mungkin kamu pernah dengar atau pernah memakai sebuah aplikasi untuk mempercantik tampilan pada desktop komputer atau laptop seperti RainMeter atau aplikasi lainnya yang serupa.

Akan tetapi, apakah kamu sadar kalau menggunakan aplikasi semacam itu malah membuat RAM di komputer atau laptop akan terpakai banyak, meskipun skin-skin yang dipakai ukurannya tidak terlelu besar, apalagi jika ditambah dengan animasi malah akan semakin memberatkan kinerja komputer atau laptop.

Saran saya gunakan tampilan bawaan dari sistem operasinya, biar tidak membuat kinerja RAM akan semakin berat.

4. Masalah Virus Komputer


Nah, ini nih masalah yang paling banyak terdapat pada perangkat komputer maupun laptop. Virus dan malware pada laptop dapat mengakibatkan perangkat tersebut menjadi lelet, hang, hingga mati dengan sendirinya.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu wajib menginstal software antivirus yang powerfull seperti Bitdefender, Eset Security, Avast dll.

5. Melakukan Multitasking


Memang multitasking dapat mempercepat tugas yang sedang dikerjakan, multitasking atau membuka aplikasi secara bersamaan juga dapat membuat komputer atau laptop menjadi hang, akan tetapi sama dengan kasus di poin ke tiga yakni RAM akan banyak terpakai.

Hal ini yang juga dapat menyebabkan aplikasi nge-hang. Oleh karena itu, jika memang tetap ingin melakukan multitasking, buka saja maksimal dua aplikasi saja agar tidak terlalu memberatkan RAM komputer atau laptop kamu.

6. Instal Software


Sebelum instal aplikasi baru di komputer atau laptop, alangkah baiknya untuk membaca spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi yang mau diinstal, misalnya aplikasinya membutuhkan 4GB RAM, maka jangan dipaksa untuk diinstal di komputer atau laptop yang memakai RAM 2GB.

Maka ketika kamu mau menginstal aplikasi baru di komputer atau laptop, lebih baik baca hal apa saja yang harus dipersiapkan agar aplikasinya berjalan dengan lancar.

7. Masalah Overheat


Panas yang berlebih pada CPU atau Processor dan VGA tentu akan membuat kinerja komputer atau laptop jadi lebih lambat, hal inilah yang akan membuat software atau sistem sering terjadi error, hang, macet, dan Not Responding.

Solusinya bisa dengan menggunakan kipas yang diperuntukan komputer atau laptop. Selain itu, cek juga kondisi hardware yang dipakai, pastikan dalam keadaan baik.

8. Aplikasi Masih Berjalan di Latar Belakang


Saat kamu selesai menggunakan aplikasi dan menutupnya, kamu mungkin tidak sadar kalau aplikasi tersebut tidak tutup sempurna, karena ada beberapa aplikasi yang kadang masih aktif dan berjalan di latar belakang.

Karena hal itu, kamu merasa sudah menutup aplikasi tersebut dan saat membuka aplikasi lain yang terjadi malah menyebabkan RAM banyak terpakai seperti pada poin ketiga dan kelima, jadi periksa dulu sebelum memakai aplikasi yang lainnya.

9. Masuk ke Safe Mode


Jika komputer atau laptop kamu masih macet dan tidak merespon dalam waktu singkat, kamu bisa mematikan laptop tersebut dan masuk ke mode aman (Safe Mode).

Safe mode adalah sistem dasar windows saat pertama kali diinstal, jadi di dalam safe mode yang bisa kamu lakukan terbatas karena hanya fitur dasarnya saja yang bisa digunakan.

Cara untuk masuk ke safe mode ini sangatlah mudah, tetapi untuk masuk ke safe mode setiap komputer atau laptop memiliki cara yang berbeda-beda sesuai tipenya. Ada dari mereka yang masuk menggunakan tombol F2, F8, hingga kombinasi menggunakan tombol lainnya.

10. Update Driver ke Versi Terbaru


Salah satu ciri komputer atau laptop kamu hang adalah tidak diperbarui driver yang terinstal. Banyak dari pengguna komputer atau laptop tidak tahu seberapa pentingnya driver, driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer.

Apabila kamu ingin mendapatkan fitur terbaru, pastikan kamu rajin untuk melakukan update driver ke versi terbaru. Selain sangat penting untuk mendapatkan fitur baru, update driver juga berfungsi mengatasi laptop dari hang, macet, maupun tidak merespon.

Selanjutnya jika kamu sudah tahu penyebabnya, maka lakukan langkah berikut:

[ Baca juga : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama ]

Tutup Paksa Software pada Task Manager


Untuk masuk pada Task Manager kamu bisa klik kanan pada Task Bar, kemudian pilih Start Task Manager, disitu kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif.

Task Manager

Dengan cara ini kamu bisa mencoba untuk menutup software atau aplikasi yang berjalan atau yang mengalami masalah tersebut secara paksa, dengan cara pilih aplikasi yang mau ditutup kemudian klik End Task di tombol paling kiri dibawah.

Paksa Shutdown Komputer atau Laptop


Cara lainnya kamu bisa mencobanya dengan Paksa Shutdown laptop. Caranya cukup mudah, kamu tinggal tekan tombol “Power” selama 5 detik maka Laptop atau Komputer kamu akan mati, biarkan mati sekitar 10 detik kemudian hidupkan kembali.

Ganti RAM Komputer atau Laptop Kamu


Karena penyebab dari laptop nge-hang, macet dan not responding adalah RAM yang kecil, maka saran saya ganti kapasitas RAM ke yang lebih besar kalau komputer atau laptop kamu tetap mengalami hang dan not responding.

Bawalah ke tempat servis komputer atau laptop untuk mengganti RAM, atau kamu menggantinya sendiri tinggal beli RAM yang sesuai dengan tipe yang sedang dipakai di komputer atau laptop kamu, jangan lupa sebelum membayar pastikan di tes terlebih dahulu RAM yang kamu beli.

Jadi itulah beberapa cara untuk mengatasi hang, macet dan not responding, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang menginginkan komputer atau laptop yang kamu gunakan lebih maksimal lagi.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp