Cara Mengatasi “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” di Android - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Mengatasi “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” di Android

Cara Mengatasi “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” di Android - Pernah beberapa hari yang lalu, saya ingin mengabadikan pemandangan alam pas sedang jalan-jalan, tapi pada saat saya buka kamera di hp android tidak bisa, yang muncul malah notifikasi "Sayangnya, Kamera Telah Berhenti".

Saya bingung waktu itu, kok bisa kamera di android saya tidak bekerja, padahal kemaren masih aman-aman aja, dan saya coba menggunakan kamera lagi, tapi hasilnya nihil sama seperti sebelumnya.

Tapi harapan saya waktu itu jangan sampai hardware dari kamera nya yang bermasalah, karena android yang saya gunakan tidak pernah jatuh ataupun terkena air.

Padahal saya sering menggunakan kamera seperti kebanyakan orang, sering membuat video dokumentasi jika saat ngumpul bersama teman-teman atau jika ada momen menarik pasti saya abadikan, entah itu difoto atau di video.

Saya rasa, tidak hanya saya yang mendapatkan peringatan seperti itu, mungkin kamu yang sedang baca artikel ini dikarenakan kamera di hp android yang kamu gunakan bermasalah.

Untuk pemberitahuan error kamera berbeda-beda, ada yang "Can't Connect to Camera", "Unfortunately, Camera Has Stopped",""Tidak Dapat Terhubung ke Kamera" atau seperti yang kebanyakan orang alami diatas "Sayangnya, Kamera Telah Berhenti" tergantung bahasa dari android yang kamu gunakan.

Dalam hal ini ada beberapa faktor yang bisa membuat kamera Hp Android kamu menjadi error. Tentu ini akan membuat kamu merasa jengkel karena kamera tidak berfungsi dan bermasalah.

Mengatasi Kamera di Android yang Muncul Pesan Error


Pada kesempatan kali ini zakiya akan membahas faktor apa saja yang membuat kamera muncul peringatan error dan tidak bisa digunakan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri agar kamera di android kamu normal kembali.

1. Muat Ulang Android


Faktor pertama yang membuat kamera di Android tidak bisa digunakan karena android yang kamu gunakan jarang atau tidak pernah di reboot (muat ulang) sama sekali, karena hal ini akan membuat android sering mengalami error.

Oleh karena itu silahkan coba cara yang pertama ini, caranya tekan tombol power hingga keluar opsi mulai ulang (reeboot) atau matikan (shutdown).

Silahkan pilih matikan (shutdown) -  jika android sudah dalam keadaan mati, kamu buka baterai, SIM card, memory card dan biarkan selam 10 detik, jika sudah pasang kembali seperti semula dan hidupkan android, cara ini untuk me-refresh sistem android kamu.

[ Baca juga : #6 Cara Mengatasi ADB Devices Tidak Terbaca di PC ]

2. Hapus Riwayat Cache Kamera


Lanjut poin kedua, dalam hal ini kamera yang error disebabkan karena cache dari aplikasi kamera terlalu banyak, file sampah atau cache ini pasti ada saat kamu menggunakan aplikasi kamera, jadi hapus cache jika dirasa sudah terlalu banyak.

Caranya kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Clean master atau file pembersih cache lainnya, tapi ada juga cara yang tanpa menggunakan aplikasi, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Clear Cache & Data

Buka pengaturan (settings) di Android - Aplikasi Terinstal - Cari dan buka aplikasi kamera - kemudian Clear data atau Clear cache.

Setiap tipe dan versi android pengaturannya berbeda-beda, saya disini menggunakan MIUI dengan versi Android 5.1 Lollipop, jadi sesuaikan dengan pengaturan android yang kamu gunakan.

3. Paksa Berhenti dan Nonaktifkan Kamera


Saran saya, jika kamu sudah melakukan seperti yang dibahas di poin kedua yaitu hapus cache, lebih baik aplikasi kamera di restart dengan cara klik tombol paksa berhenti kemudian klik juga tombol nonaktifkan, lalu aktifkan kembali kamera, cara ini bisa kamu lakukan setelah menghapus cache.

4. Unroot Sistem Android


Apabila kamera di android mengalami error sesudah kamu melaksanakan Root maka sebaiknya kamu meng-unroot android agar normal kembali. Terkadang terdapat bug pada aplikasi kamera saat kamu melakukan rooting di Android, jadi baca-baca dulu sebelum di-root.

5. Downgrade Versi Android


Dalam hal ini, setelah melakukan update versi android kamera tidak bisa digunakan. Yang harus kamu perhatikan jika android mengalami error mungkin saja dikarenakan update versi android, jadi jika ini terjadi kamu bisa mencoba dengan men-downgrade ke versi sebelumnya.

Mungkin saja firmware atau versi android yang terbaru masih terdapat beberapa bug, lakukan update versi ketika sudah stabil dan gak ada bug sama sekali.

6. Reset ke Pengaturan Pabrik


Mengembalikan ke pengaturan pabrik atau melakukan factory reset merupakan cara ampuh untuk mengatasi kamera yang keluar bacaan “Sayangnya, Kamera Telah Berhenti” di Android yang bisa kamu digunakan.

Mereset ke setelan pabrik (factory reset) di perangkat android akan mengembalikan perangkat tersebut ke pengaturan bawaan pabrik, dan terkadang dapat membantu menyelesaikan masalah perangkat lunak yang sedang kamu alami.

Reset factory

Nah, untuk melakukan cara ini kamu buka pengaturan - kemudian cari pengaturan tambahan - cari dan klik cadangkan & reset (backup & reset) - setelah itu klik Reset Pengaturan Pabrik (factory data reset), kemudia reset phone. masukkan Pin atau pola jika dibutuhkan.

Sampai tahap ini saya yakin kamera di android kamu sudah normal dan bisa digunakan kembali. tapi, jika masih error atau masih tidak bisa digunakan, mungkin saja hardware kamera android kamu sudah harus diganti (rusak).

[ Baca juga : 5 Cara Transfer File dari Android ke PC Tanpa Kabel Data ]

7. Hardware Kamera Rusak


Jika kamu sudah melakukan semua cara yang sudah dibahasa diatas, tapi kamera di android yang kamu gunakan tetap error bisa dipastikan penyebabnya adalah modul kamera di android sudah rusak.

Maka dari itu, tidak ada cara lain yang harus dilakakukan selain mengganti modul kamera, untuk poin ketujuh ini tidak bisa kamu lakukan sendiri (kecuali memang bisa) untuk memperbaiki kamera, silahkan datangi konter yang menurutmu terpercaya dan bagus di sekitar tempat tinggal kamu.

Cukup sampai disini pembahasan untuk mengatasi "sayangnya kamera telah berhenti", dan semoga kamera android kamu yang tadinya error bisa kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp