Bagaimana Mengidentifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store? - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Bagaimana Mengidentifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store?

Bagaimana Mengidentifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store? - Google Play Store adalah rumah bagi jutaan aplikasi Android. Pada saat yang sama, itu juga tempat bagi aplikasi palsu yang ingin mencuri data kamu.

Ada pedoman yang ketat, dan Google telah menerapkan banyak metode untuk menghentikan praktik tersebut dengan Google Play Protect dan fitur Granular Permissions di Android. Meskipun demikian, aplikasi Android palsu atau Aplikasi dengan malware dan adware tidak dapat dihindarkan sepenuhnya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana kamu mengidentifikasi aplikasi palsu dari aplikasi asli di Google Play Store? Apa yang dapat kamu lakukan untuk memastikan bahwa baik kamu maupun pengguna Android lainnya tidak menginstal aplikasi semacam itu di perangkat Android?

Membedakan Fitur Aplikasi dalam Hasil Pencarian


Langkah pertama yang pasti dilakukan dalam mengunduh dan menginstal aplikasi adalah mencari nama aplikasi. Sementara dalam banyak kasus hanya akan ada satu versi aplikasi yang asli.

Jika seseorang mencoba meniru dan memalsukan aplikasi populer, mereka pasti akan mencoba menyalin nama dan ikon aplikasi. contohnya game Asphalt yang dikembangkan oleh Gameloft, tetapi yang akan kamu temukan di Play Store ada ratusan bahkan ribuan dengan nama dan ikon yang sama.

Screenshot hasil pencarian aplikasi di Google Play Store

Jadi, ketika kamu mencari aplikasi tertentu di Google Play Store, dan kamu mendapatkan banyak hasil dengan nama atau ikon aplikasi yang sama, kemungkinan sebagian besar adalah palsu.

Kamu harus memeriksa setidaknya beberapa faktor yang disebutkan di bawah ini yang dapat digunakan untuk mengecek aplikasi asli atau palsu:

1. Nama pengembang aplikasi
2. Jumlah unduhan yang dimilikinya
3. Peringkat pengguna, untuk mengidentifikasi apakah itu aplikasi asli atau palsu

Google Play Store baru-baru ini menambahkan "Tanggal publikasi" untuk semua aplikasi di Play Store. Sekarang, kamu juga dapat memeriksanya untuk memastikan apakah aplikasi sudah ada selama beberapa waktu atau baru saja ditambahkan ke Play Store.

[ Baca juga : 9 Aplikasi Telepon Gratis untuk Smartphone Android ]

Periksa Nama Pengembang Aplikasi


Bahkan jika secara kebetulan, dua aplikasi dengan nama dan ikon yang sama diunggah ke Google Play Store, kemungkinan mereka yang memiliki nama pengembang yang sama hampir tidak ada.

Dalam situasi seperti ini di mana kamu tidak dapat membedakan antara beberapa aplikasi dengan nama atau ikon yang sama, lihat nama pengembang. hal itu juga membantu kamu membedakan yang asli dan yang palsu.

Jika saya tidak dapat mengidentifikasi atau membedakan antara pengembang asli dan palsu, bagaimana cara mengetahui yang asli atau palsu?

Cukup klik pada nama pengembang untuk melihat apakah mereka telah menerbitkan aplikasi lain di Google Play Store atau mereka memiliki peringkat positif yang solid dari pengguna. Jika salah satu dari kriteria ini tidak dipenuhi, maka aplikasi mungkin adalah aplikasi palsu.


Periksa Deskripsi Aplikasi dan Screenshot Layar Aplikasi


Terkadang, hampir semua hal lain tentang daftar aplikasi di Google Play Store tampaknya sudah tidak asing atau tidak dapat dibedakan dari aplikasi lain. Namun, lebih baik untuk membaca deskripsi aplikasi yang ditulis oleh pengembang dan tangkapan layar aplikasi.

Pengembang asli menyediakan tangkapan layar berkualitas tinggi dari UI aplikasi mereka bersama dengan deskripsi yang menjelaskan fitur dan sorotan aplikasi.

Jika kamu tidak menemukan screenshot atau deskripsi aplikasi untuk sebuah aplikasi dengan nama yang mirip dengan aplikasi populer, maka kamu mungkin akan melihat aplikasi palsu di sini.

Analisis Ulasan Aplikasi


Karena ada jutaan orang yang menggunakan ponsel Android, ada kemungkinan besar banyak orang telah menggunakan aplikasi yang akan kamu unduh. Sebagian besar pengguna ini mungkin telah membagikan ulasan mereka dan memberi peringkat aplikasi juga.

Ulasan Aplikasi di Google Play Store

Pastikan selalu pergi dan membaca beberapa ulasan sebelum kamu melompat ke proses instalasi. Hanya untuk sampel, kamu bisa lihat sekumpulan ulasan dari aplikasi WhatsApp dari Google Play Store yang bisa kamu jadikan acuan aplikasi asli atau palsu.

Meskipun benar bahwa beberapa pengembang membeli ulasan palsu, kamu dapat mengurutkan ulasan dengan “most helpful”, “most recent”, atau bahkan berdasarkan versi aplikasi.

Ini adalah cara yang baik untuk mempelajari apa yang dikatakan pengguna lain tentang aplikasi dan mengetahui apakah itu aplikasi asli atau aplikasi palsu, Zakiya sendiri sering menganalisi ulasan jika mau install aplikasi baru di Android.

Periksa Permintaan Izin Aplikasi


Sebagian besar aplikasi palsu bertujuan untuk mendapatkan unduhan sebanyak mungkin sehingga mereka dapat menghasilkan uang dengan menampilkan satu ton adware atau Spamware kepada pengguna atau mengumpulkan data pengguna.

Jadi, sebelum kamu menginstal aplikasi apa pun, lihat dengan seksama daftar izin aplikasi yang disebutkan di halaman deskripsi.

Jika sesuatu tampak aneh, seperti aplikasi galeri yang meminta detail kontak, aplikasi lagu yang meminta izin kamera, kemungkinan besar aplikasi Android itu palsu. Untuk permintaan izin seperti ini yang biasa saya izinkan hanya aplikasi populer seperti WhatsApp dan Facebook.

[ Baca juga : Cara Menyembunyikan Nomor Handphone Saat Menelpon di Android ]

Tindakan yang Dapat Kamu Lakukan Terhadap Aplikasi Android Palsu


Jika kamu menemukan aplikasi di Google Play Store yang menurut kamu palsu, apa yang harus dilakukan ? Sebenarnya ada cara sederhana namun efisien untuk memberi tahu Google bahwa ada aplikasi palsu atau jahat yang tercantum di Play Store.

Yang harus kamu lakukan adalah membuka halaman aplikasi dan gulir ke bawah ke bagian deskripsi.

Di bawah judul Report, kamu akan menemukan opsi untuk "Flag it as inappropriate" Ini akan membawa kamu ke halaman di mana kamu akan diminta untuk memilih alasan untuk melaporkan aplikasi. Pilih alasan sebagai Copycat atau peniruan di antara alasan lain.

Setelah kamu memilih alasan yang tepat, klik Submit dan laporan kamu akan langsung dikirim ke Google. Google kemudian akan meninjau kiriman kamu dan mengambil tindakan yang diperlukan terhadap daftar aplikasi jika aplikasi itu palsu.

Kamu juga dapat melaporkan dengan memperingatkan sesama pengguna Android lainnya tentang aplikasi palsu dengan meminta mereka untuk meninjau aplikasi dan Menandai Aplikasi Tidak Pantas atau Flag the App Inappropriate.

Bagaimana Mengidentifikasi Aplikasi Android Palsu & Apa yang Harus Dilakukan?


Gimana kalau sudah terlanjur diinstal? Kamu dengan mudah mencopot pemasangan aplikasi Android palsu ini, jika kamu menemukan aplikasi ini palsu atau jika aplikasi tersebut tidak memenuhi tujuan yang kamu harapkan.

Beri tahu kami di komentar di bawah tentang pengalaman kamu dengan aplikasi palsu di Google Play Store. Pernahkah kamu menemukan aplikasi palsu seperti itu di Play Store, dan jika ya, bagaimana kamu menghadapinya?

Saran zakiya, jika kamu instal aplikasi dan aplikasi tersebut sesuai dengan apa yang kamu harapkan berilah ulasan pada aplikasi tersebut, dengan itu kamu juga turut membantu pengembang aplikasi yang asli.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp