Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama - Di jaman sekarang ini tidak sedikit orang yang menghabiskan banyak waktunya di depan laptop,seperti YouTuber yang selalu mengedit videonya, mahasiswa saat mengerjakan tugas kampusnya dan bahkan pekerja kantor pasti menggunakan laptop.

Salah satu komponen utama dan merupakan komponen yang wajib diperhatikan adalah baterai, karena menggunakan laptop dengan cara yang tidak benar dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai yang cukup fatal.

Baterai berguna sebagai sumber daya laptop dan daya pada baterai tersebut memiliki keterbatasan layaknya baterai pada umumnya. Rata-rata baterai laptop bertahan hingga 2-4 jam saat melakukan multitasking yang memakan banyak RAM di laptop dan membutuhkan kecepatan CPU yang tinggi.

Melakukan perawatan menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar baterai laptop tidak mudah rusak dan berumur panjang, karena laptop menjadi barang penting yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern.

Penyebab baterai laptop tidak bertahan lama dikarenakan adanya kebocoran pada baterai laptop sehingga baru digunakan sebentar baterai sudah cepat habis padahal daya baterai pada laptop saat pertama digunakan masih full.

Sebelum baterai laptop menjadi lemah karena disebabkan oleh kerusakan ada baiknya bila kamu merawat dan menggunakan baterai laptop dengan baik dan benar.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama (Awet)

Kali ini zakiya akan membagikan beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjaga kualitas baterai laptop teman-teman agar tetap baik, berikut beberapa cara yang harus diperhatikan:

1. Mengisi Daya Baterai Saat Pertama Kali Membeli Laptop


Saat pertama kali membeli laptop daya pada baterai masih belum full, makanya si penjual pasti bilang "sebelum digunakan laptopnya, di cas dulu sampai baterainya penuh".

karena saat baru beli laptop pasti baterainya dalam keadaan kosong, meski digunakan sambil di cas laptop belum boleh di gunakan, jangan dulu di gunakan jika ingin baterai laptop kamu awet dan tahan lama, baterai di cas dulu sampai benar-benar penuh dan lampu indikator berubah warna hijau.

[ Baca juga : Software Alternatif Microsoft Office yang Bisa Digunakan Secara Gratis ]

2. Cabut Charger Saat Daya Baterai Sudah Penuh


Jika daya baterai laptop kamu sudah terisi penuh langsung saja cabut charger tersebut. Jika tidak segera dicabut maka akan memperpendek umur baterai itu sendiri, hal ini dikarenakan arus listrik terus mengalir, sedangkan baterai telah terisi penuh dan membuat laptop juga tidak akan hidup lebih lama lagi.

3. Gunakan Charger Original Bawaan Laptop


Pastikan baterai yang kamu gunakan masih bawaan pabrik laptop atau masih original. Jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan charger laptop punya teman dengan alasan port chargernya sama, kecuali tipe laptopnya sama.

Bisa jadi, dengan menggunakan charger yang lain membuat arus listrik tidak stabil dan bisa membuat baterai cepat rusak karena arus yang gunakan chargernya beda. Hal ini kamu bisa cek disetiap charger memiliki standar yang berbeda-beda.

4. Pemakaian Laptop Terlalu Lama


Laptop tidak didesain untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama seperti mengedit gambar, editing video, ataupun bermain game online, sehingga apabila kamu menggunakan laptop untuk pemakaian seperti tadi maka akan menyebabkan baterai menjadi panas dan cepat boros.

Saran saya jika kamu menggunakan laptop, setiap 2-3 jam dimatikan dulu untuk penggunaan aplikasi berat, jika hanya menggunakan aplikasi ringan 4-5 jam tidak apa-apa, jika pekerjaan masih ingin dilanjutkan lebih baik di hibernate biar pekerjaan yang sebelumnya tetap bisa dilanjutkan.

5. Charge Laptop Jangan Menunggu Hingga 0%


Menggunakan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai, dan juga dapat memperpendek umur dari laptop itu sendiri karena komponen-komponen yang masih bekerja saat laptop digunakan, tiba –tiba mati karena kehabisan daya dari baterai.

Oleh karena itu alangkah baiknya kamu mulai charge/cas laptop kamu saat daya baterai sudah 20%. hal ini bertujuan supaya baterai lebih awet dan tidak mudah terjadi kerusakan dikemudian hari.

6. Charge Laptop Dalam Keadaan Mati


Setelah poin sebelumnya, untuk mengisi daya baterai pada laptop disarankan laptop harus dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan supaya daya baterai lebih cepat penuh, beda jika kamu mengisi daya baterai dengan keadaan laptop yang masih menyala.

Selain membuat daya baterai cepat penuh, hal ini juga membuat laptop dan komponen lainnya seperti baterai akan menjadi awet dan pastinya bisa kita gunakan dalam waktu yang cukup lama.

7. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang


Pastikan kamu menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu yang masih berjalan di latar belakang, selain berdampak pada penggunaan daya baterai hal ini juga bisa menghemat penggunaan RAM.

Dari poin-poin diatas kamu bisa coba untuk merawat baterai dilaptop kamu tetap awet dan tahan lama, untuk penggunaan harian kamu bisa mencoba tips lanjutan dari zakiya untuk membuat daya baterai agar lebih tahan lama dan tidak menyebabkan panas pada laptop.

8. Beri Sirkulas Udara di Bawah Laptop


Maksudnya disini memberi jarak antara bawah laptop dengan alas tempat laptop, jangan pernah meletakkan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk, misal diatas kasur, ataupun bantal. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadi cepat panas (Overheat).

9. Gunakan Kipas Laptop


Jika perlu, gunakan kipas untuk laptop biar laptop tidak cepat panas yang mengakibatkan banyaknya penggunaan daya baterai pada laptop, jika tidak punya bisa menggunakan kipas duduk dan arahkan ke laptop.

[ Baca juga : Cara Memperbaiki FlashDisk yang Tidak Terbaca 100% Berhasil ]

10. Gunakan Stabilizer


Gunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil, hal ini dapat membantu menghindarkan dari tengangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai.

Jangan sering-sering menggunakan stop kontak dengan colokan lebih dari satu, karena hal ini juga berdampak pada umur baterai, dikarenakan arus listrik yang digunakan tidak stabil.

Bonus


Atur resolusi layar lebih redup, pada saat nonton video atau mendengarkan musik alangkah baiknya menggunakan headset, aktifkan mode pesawat jika tidak menggunakan wifi, nonaktifkan update software otomatis dan yang terakhir cek terus tingkat wear level baterai kamu dengan menggunakan software HW monitor.

Sampai disini tips dari zakiya tentang cara merawat baterai laptop agar lebih tahan lama, poin mana yang menurut kamu yang paling efektif?

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp