Penjelasan Lengkap Tentang Opsi Pengembang (Developer Options) Android - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Penjelasan Lengkap Tentang Opsi Pengembang (Developer Options) Android

Penjelasan Lengkap Tentang Opsi Pengembang (Developer Options) Android - Jika kamu tidak paham teknologi, menggunakan opsi pengembang di perangkat Android kamu mungkin akan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti error.

Penjelasan Fitur pada Developer Options

Namun, ada banyak opsi yang dapat dimanfaatkan pengguna rata-rata dengan mudah. Inilah sebabnya mengapa artikel ini berisi tips tentang cara mendapatkan hasil maksimal dari bagian android yang tersembunyi ini, untuk membantu kamu meningkatkan tampilan dan nuansa smartphone kamu.

Beberapa Fungsi di Opsi Pengembang Android

1. Tetap Terjaga / Stay Awake (agar monitor tetap menyala saat mengisi daya)


Dengan mengaktifkan opsi ini, layar android kamu akan tetap aktif setiap kali perangkat kamu sedang diisi daya atau terhubung dengan komputer atau laptop.

[ Baca juga : Cara Mengaktifkan dan Memunculkan Opsi Pengembang Android (Developer Options) ]

2. OEM Unlock


OEM unlock singkatan dari original equipment manufacturer unlocking yang berfungsi untuk membatasi kebebasan kamu untuk flash custom image dan bypass bootloader.

Jika perangkat kamu dicuri atau hilang dan seseorang mencoba untuk flash file kustom atau mendapatkan data dari perangkat kamu, jika OEM unlock tidak diaktifkan maka mereka tidak akan dapat melakukannya.

3. Batasi aplikasi latar belakang / Background Process Limit (untuk kinerja lebih cepat)


Pengaturan ini memungkinkan kamu memilih jumlah aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Batas aplikasi yang berjalan dilatar belakang yaitu empat aplikasi, tetapi kamu dapat memilih untuk tidak memiliki aplikasi latar belakang sama sekali, jika kamu mau.

4. USB Debugging


Inilah yang memungkinkan ponsel kamu berkomunikasi melalui port USB di komputer kamu melalui Android Debug Bridge (ADB). Kamu perlu mengaktifkan menu ini untuk menggunakan hal-hal seperti DDMS, atau menggunakan perintah ADB.

5. Aplikasi lokasi Palsu / Mock location app (Menampilkan lokasi palsu)


Dengan menggunakan fitur ini dan bantuan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa memalsukan lokasi kamu saat ini. Misalnya kamu bosan dengan video YouTube yang ada di negara kamu, dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa melihat video yang tersedia untuk negara lain.

6. Data seluler selalu aktif / Mobile data always active


Selalu menjaga agar data seluler tetap aktif, bahkan saat Wi-Fi diaktifkan (agar perpindahan jaringan beralih dengan cepat).

7. Tampilkan sentuhan / show Touch


Opsi ini pertama kali diperkenalkan di Android Ice Cream Sandwich 4.0. Ini menampilkan tanda visual di setiap lokasi di mana kamu menyentuh layar.

8. Lokasi penunjuk / Pointer location


Ini menempatkan bilah informasi terperinci di bagian atas layar yang memberitahukan koordinat sebenarnya dari titik saat ini. Pilihan ini datang untuk digunakan pada saat kamu perlu memeriksa apakah layar kamu merespons dengan baik atau tidak.

9. Paksa MSAA 4x (untuk grafis game yang lebih baik)


Mengaktifkan 4x MSAA meningkatkan kualitas grafis dalam game dan aplikasi OpenGL ES 2.0. Ini membutuhkan lebih banyak kekuatan pemrosesan dan menghabiskan baterai lebih cepat, tetapi kamu akan merasakan perubahannya saat main game berkurang atau tidak ada lag sama sekali.

10. Atur kecepatan Animasi Sistem


Nonaktifkan semua animasi perangkat sehingga tidak ada efek transisi ketika melakukan tugas-tugas tertentu (seperti menggesek di antara homescreens). Hasilnya adalah perangkat android akan terasa lebih cepat dan lebih halus. Fitur yang menarik menurut saya.

11. Periksa layanan yang berjalan (Running Service)


Opsi Running Service sangat mirip dengan Task Manager pada PC Windows. Ini memungkinkan kamu untuk melihat proses apa yang sedang berjalan pada smartphone kamu, berapa banyak RAM yang digunakan dan aplikasi apa yang menggunakannya.

Saat mengetuk aplikasi, kamu juga dapat melihat proses dan layanan khusus yang digunakannya. Ini memungkinkan kamu untuk mematikan aplikasi yang makan banyak RAM, yang tidak kamu gunakan secara aktif (jangan lakukan ini dengan aplikasi sistem).

Namun, zakiya tidak menyarankan menghentikan satu proses aplikasi tanpa menghentikan aplikasi itu sendiri, karena dapat menyebabkan gangguan dan masalah fungsi.

12. Layar Terpisah / Split Screen


Split Screen pertama kali diperkenalkan di Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini membagi layar menjadi dua, memungkinkan pengguna memiliki 2 aplikasi yang ditampilkan secara bersamaan. Ini sangat berguna dan bisa kamu manfaatkan di smartphone yang memiliki layar besar.

Tapi, tidak semua aplikasi mendukung fitur itu, tetapi kamu dapat mengubahnya melalui opsi pengembang. Temukan aktivitas Force untuk dijadikan opsi resizable dan centang. Anda perlu memulai ulang perangkat Android Anda agar dapat diterapkan.

13. Ringtone dengan headphone Bluetooth


Karena Bluetooth dan headphone nirkabel menjadi lebih populer, ini fitur kecil tapi bermanfaat yang dapat kamu temukan di opsi pengembang.

Secara default, saat menggunakan headphone Bluetooth, kamu akan mendengar nada dering umum saat kamu menerima panggilan.  Jika kamu ingin mendengar nada dering yang sebenarnya dan menghindari kebingungan saat mendengarkan musik atau radio, kamu dapat mengaktifkannya di opsi pengembang dengan mencentang Aktifkan dering dalam-band.

Sampai disini dulu yang bisa saya jelaskan tentang fitur yang bermanfaat yang ada di opsi pengembang atau Developer option.

Saya menyarankan kamu untuk tidak mengaktifkan bagian opsi pengembang yang tidak sepenuhnya kamu pahami. Tak satu pun dari mereka yang tidak dapat diubah tetapi efeknya bisa negatif dalam jangka pendek.

Jika kamu membiarkan pengaturan diaktifkan dan melupakannya, android kamu mungkin akan terjadi error atau bisa saja akan menghabiskan daya baterai yang lebih banyak karena tidak paham dengan fitur yang diaktifkannya, ingat! gunakan yang kamu pahami saja.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp