9 Penyebab GPS di Smartphone Android Tidak Akurat - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

9 Penyebab GPS di Smartphone Android Tidak Akurat

Penyebab GPS di Smartphone Android Tidak Akurat - Global Positioning System atau lebih dikenal dengan GPS merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang kini digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, motor,  mobil dan masih banyak lagi.

Dengan GPS, penggunanya bisa dengan mudah untuk mencari lokasi yang dituju, bahkan dengan GPS juga, penggunanya bisa melihat rincian lokasi tempat pengguna tersebut berada, lengkap dengan informasi rute dan arah ke tempat yang sedang dituju.

Namun apa jadinya jika GPS di Android kamu sangat lambat memberi lokasi bahkan terkadang lokasi yang muncul di aplikasi GPS tidak sesuai dengan lokasi kamu saat ini (tidak akurat).

Pernah beberapa hari yang lalu teman saya bertanya, "GPS di Android aku gak akurat, kenapa ya? padahal sebelumnya lancar-lancar aja gak pernah seperti ini".

Cukup menyebalkan memang dan saya sendiri pernah mengalami hal serupa saat sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat GPS yang saya gunakan pernah tidak akurat seperti biasanya, rute navigasi yang diberikan lambat dan tidak tepat.

Jika teman-teman mengalami hal yang serupa, mungkin saja ada beberapa faktor yang membuat GPS di Android kamu tidak akurat seperti biasanya.

1. Cek Jaringan Smartphone


Kondisi jaringan seluler yang tidak stabil bisa berdampak pada posisi koordinat yang tidak tepat pada GPS, hal tersebut karena aplikasi GPS akan menggunakan lokasi koordinat terakhir yang terlacak oleh GPS saat koneksi internet kamu stabil.

Coba telusuri penyebab koneksi internet tidak stabil di sekitar kamu, mungkin saja karena provider internet yang kamu gunakan kurang stabil atau bahkan sinyal dari provider yang kamu gunakan tidak ada sama sekali ditempat tersebut.

[ Baca juga : Cara Mengetahui Kecepatan Write & Read SD Card di Android ]

2. Permasalahan pada Firmware di Android


Firmware (perangkat lunak) pada perangkat Android yang kamu gunakan bisa jadi sedang bermasalah, hal ini juga yang membuat GPS kamu tidak akurat dan yang paling parah kamu kadang tidak bisa mengaktifkan GPS di perangkat Android.

Biasanya masalah seperti ini terjadi ketika perangkat Android yang kamu gunakan diinstal ulang (flashing) dengan firmware baru atau Custom ROM.

Oleh karena itu saya selalu menyarankan kamu melakukan pembaharuan OS pada Android secara otomatis, pastikan Android kamu menggunakan firmware terbaru untuk memperbaiki bug yang ada di perangkat Android.

Bisa saja ketika kamu sudah melakukan pembaharuan secara berkala masalah seperti GPS tidak akurat atau yang lainnya sudah normal kembali (fixed) dan GPS yang kamu gunakan akurat seperti biasanya.

3. Karena Pengaturan Bawaan Pabrik


Jika ingin mendapatkan GPS akurasi tinggi di Android kamu maka pengaturan mode lokasi GPS yang biasanya mode Hemat Baterai harus kita ubah ke mode Akurasi Tinggi, jika kamu rubah ke mode Akurasi tinggi maka dipastikan lokasinya akurat.

Cara mengubahnya buka setelan yang ada di Android, kemudian cari menu GPS atau Lokasi dan pilih menu tersebut.

Biasanya ada 3 mode untuk mengatur keakuratan lokasi di Android yaitu mode Akurasi Tinggi, Hemat Baterai dan Hanya GPS. silahkan kamu pilih mode Akurasi Tinggi, secara otomatis kamu sudah memperkuat sinyal GPS di Android.

Kelemahan dari mode ini daya baterai yang dikonsumsi perangkat Android akan lebih banyak dikarenakan mode Akurasi Tinggi tidak hanya menggunakan GPS untuk menentukan lokasi, WiFi dan Bluetooth juga bisa digunakan saat menggunakan mode Akurasi Tinggi.

4. Faktor Perangkat Keras (Hardware)


Hal yang kadang dibicarakan oleh orang-orang yang paham akan teknologi Android adalah beberapa chipset yang memiliki kemampuan GPS yang tingkat akurasinya rendah, bahkan sering salah koordinat.

Mungkin saja teknologi yang terpasang di perangkat Android tergolong murah atau ada hal lain yang membuat tidak bekerja maksimal, misalnya perangkat Android yang kamu gunakan sudah tidak bekerja seperti biasanya atau pernah jatuh.

5. Banyaknya Cache dan Data pada Aplikasi


Pada hal ini berkaitan dengan poin pertama, dimana jika GPS tidak bisa menentukan posisi koordinat terakhir dari pengguna maka GPS akan mengambil data koordinat terakhir yang ada di dalam cache aplikasi GPS.

Jika terlalu banyak cache atau data pada aplikasi tersebut lama kelamaan bisa saja membuat GPS yang kamu gunakan tidak akurat, oleh karena itu file cache dari aplikasi GPS tersebut harus dibersihkan.

Caranya buka pengaturan di Smartphone kamu > kemudian cari dan pilih menu Apps > selanjutnya cari aplikasi peta yang sering digunakan (misalnya Google Maps, Here Maps, Waze, dan lainnya) > selanjutnya pilih menu Storage > kemudian tekan tombol Clear Cache dan Clear Data untuk membersihkan file cache yang error.

6. Uninstall Aplikasi


Jika pada poin nomer 5 aplikasinya tetap error, kamu bisa menghapus aplikasi dan menginstal ulang atau bisa menginstal aplikasi serupa lainnya seperti Google maps, Here Maps, Waze atau yang lainnya.

[ Baca juga : 2 Cara Cek Kondisi eMMC Bagus atau Tidak ]

7. Kalibrasi Ulang Kompas Android


Walaupun GPS menunjukkan lokasi kamu, tapi bisa saja GPS tidak menunjukkan posisi yang tepat. Hal ini bisa membuat kamu kesal jika sedang menggunakan navigasi yang membutuhkan posisi yang akurat.

Untuk mendapatkan posisi yang akurat caranya sangat mudah, kamu harus mengkalibrasi kompas yang ada di Android, caranya instal aplikasi kompas yang bisa kamu download di Google Play Store, nama aplikasi yang biasa saya gunakan adalah GPS Status.

Jika GPS Status sudah didownload, buka aplikasinya dan GPS Status akan mencari satelit terdekat. Jika aplikasi tidak dapat sinyal untuk mendapatkan satelit, itu artinya kamu telah di-block.

Sekarang kamu perlu mengkalibrasi kompas. Caranya, sentuh layar dan dan klik hamburger menu di kiri atas layar. Klik "Compass Calibration" dan ikuti petunjuknya.

GPS Status

Pada tahap ini seharusnya kompas di perangkat Android kamu sudah menunjukkan lokasi yang tepat, jika masih belum coba Restart GPS.

8. Refresh GPS


Jika poin 7 masih gagal dalam meningkatkan akurasi GPS kamu, coba refresh data GPS kamu dengan menggunakan aplikasi yang sama, klik hamburger menu dan pilih "diagnose sensor" lalu "GPS sensors". Lalu akan muncul pop up dan klik "reset" untuk membersihkan data cache GPS mulai dari awal.

Reset data GPS

Sekarang smartphone kamu harusnya dapat mengunci satelit lebih cepat dan lokasi kamu lebih akurat.

Buka Google Maps atau aplikasi GPS yang kamu gunakan untuk membuktikan apakah GPS kamu sudah akurat atau belum, seharusnya jika kamu sudah mengikuti cara-cara diatas GPS di Android kamu dipastikan sudah akurat.

9. Mungkin Ada yang Memblokir Android Kamu


Jika cara sebelumnya masih belum berhasil berarti masalahnya bukan pada smartphone kamu, tetapi faktor lain dari luar yang tidak memungkinkan smartphone Android kamu untuk mendapatkan sinyal.

Tapi, jika smartphone kamu tetap tidak dapat mengunci sinyal GPS setelah melakukan cara di atas, kamu harus mulai ulang (restart) smartphone kamu kemudian wipe cache dan wipe data, pada tahap ini usahakan untuk membackup data yang kemungkinan nanti akan terhapus.

Cara diatas bisa dilakukan untuk smartphone Android yang belum di root, jika Android yang kamu gunakan sudah dalam kondisi root dan cara sebelulumnya tetap tidak membuat GPS menjadi akurat, kamu bisa Setting GPS atau Menghapus Modemst:

Setting GPS


Ingat, cara ini hanya dapat digunakan untuk smartphone Android yang sudah di-root, jika belum saya pastikan tidak bisa mengikuti cara ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Faster GPS dan GPS Test di Play Store atau di Google, jika sudah didownload kemudian buka aplikasi, kamu sudah dapat mengubah setting GPS perangkat Android kamu seperti diberikut:

FasterGPS

Ubah value dari NTP Server:

  • Continent : Asia
  • Region : Indonesia

Jika kamu sudah menggantinya, maka setting current server akan berubah otomatis menjadi id.pool.ntp.org. kemudian, pilih Go to advance settings, dan isi sesuai dibawah ini:

General
  • DEBUG_LEVEL : ganti menjadi 5
  • INTERMEDIATE_POS : ganti menjadi 1
  • ACCURACY_THRES : diisi dengan 0
  • ENABLE_WIPER : diisi dengan 1
AGPS SUPL
  • SUPL_PORT : ganti menjadi 7276
  • SUPL_HOST : ganti menjadi supl.google.com
AGPS Carrier
  • CURRENT_CARRIER : diisi dengan common
  • DEFAULT_AGPS_ENABLE : diisi dengan TRUE
  • DEFAULT_SSL_ENABLE : diisi dengan FALSE
Other
  • DEFAULT_USER_PLANE : diisi dengan TRUE

Pastikan Kamu mengisi sesuai dengan petunjuk diatas, termasuk besar kecil huruf yang digunakan. Setelah itu, restart perangkat Android dan jalankan GPS Test.

Bila angka pada GPS Test terisi, maka GPS Android kamu bekerja dengan baik. Bila tidak terisi, maka kamu dapat membuka Faster GPS dan pilih menu “revert to old gps.conf” lalu ulangi langkah diatas.

Menghapus Modemst


Cara ini juga dapat dilakukan pada gadget yang sudah di-root. Google Maps atau aplikasi maps lainnya biasanya bermasalah pada saat menggunakan Custom ROM seperti CyanogenMod.

Langkah pertama adalah membuka tool adb pada komputer, untuk toolnya bisa cari di Google atau forum Android.

Jika sudah, ketikkan perintah “adb reboot bootloader” untuk masuk pada bootloader, kemudian ketikkan perintah dibawah ini:

fastboot erase modemst1

fastboot erase modemst2

fastboot reboot

Setelah itu, nyalakan kembali Smartphone Android dan buka aplikasi GPS Test.

Bila angka pada aplikasi ini sudah terisi, maka GPS untuk Google Maps kamu bekerja dengan baik. Bila tidak ada perubahan, kemungkinan besar terdapat masalah pada hardware pada smartphone Android kamu.

Kesimpulan ...


Jika poin pertama tidak bisa membuat GPS Android kamu menjadi akurat, bisa lakukan cara pada poin kedua dan seterusnya, karena cara untuk membuat GPS menjadi akurat itu berbeda-beda tergantung masalah pada perangkat Android yang kamu gunakan.

Saran saya gunakan aplikasi Maps offline, ketimbang menggunakan Maps bawaan Android karena penggunakan GPS Satellite akan menjadi lebih efektif dari pada sebelumnya.

Manfaat langsung yang akan kamu peroleh dari penggunaan peta offline yaitu menghemat Paket Data dan baterai Smartphone Android kamu agar tidak cepat habis (boros kuota dan daya baterai), Itulah beberapa tips dari saya untuk membuat GPS di Android menjadi akurat.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp