Software Alternatif Microsoft Office yang Bisa Digunakan Secara Gratis - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

Software Alternatif Microsoft Office yang Bisa Digunakan Secara Gratis

Software Alternatif Microsoft Office yang Bisa Digunakan Secara Gratis - Apakah kamu masih menghabiskan uang untuk membayar software perkantoran kamu? Jika iya, Zakiya akan menyajikan beberapa software office yang bisa kamu gunakan secara gratis sebagai pengganti MS Office.

Semua yang zakiya bahas ini adalah software open source seperti Open Office, tersedia gratis dan alternatif yang baik untuk MS Office yang mahal. Sebagian besar software perkantoran ini dilengkapi dengan banyak tool yang dapat menggantikan hampir semua fitur yang ada di MS Office secara gratis.

Uniknya beberapa software ini menyediakan fitur yang bahkan tidak tersedia di MS Office, dan bisa menjadi pilihan seorang siswa, bisnis skala kecil atau buat kamu yang tidak punya budget lebih untuk membeli software seperti Microsoft Office.

Langsung saja ini dia beberapa software office open source yang bisa kamu dapatkan secara Gratis:

Apache OpenOffice (Linux | Mac Os | Windows)


Apache OpenOffice

Software pertama yang bisa menjadi alternatif Ms. Office adalah Apache OpenOffice. Software ini  tersedia untuk MAC maupun sistem operasi Windows yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Ada beberapa program didalamnya seperti Writer (pengolah kata), Calc (Spreadsheet), Impress (Program Presentasi), Draw (Vector Graphics Editor), Matematika (Microsoft Equation Editor), Basis (Database Management Program) dll.

Namun pada software Apache OpenOffice ini tidak dibekali program seperti Microsoft Outlook yang merupakan program pengelola informasi pribadi, klien email dan aplikasi kalender seperti yang ada di Microsoft Office.

[ Baca juga : Cara Mempercepat Download IDM Hingga 2 Kali Lipat 100% Terbukti ]

Libre Office (Linux | Mac OS | Windows)


Libre Office

Posisi kedua sebagai software gratis pengganti Microsoft Office adalah LibreOffice. Dengan tampilan yang clean dan simple, kamu bisa menggunakan layaknya di Microsoft Office namun dengan performa ala OpenOffice.

LibreOffice juga memberikan kebebasan untuk memilih font, mengedit laporan, menambahkan brosur, mendesain, membuat dan menambahkan laporan keuangan yang membuat dokumen terlihat rapi dan Profesional.

Dengan kompatibilitasnya yang diperluas ke hampir semua format dan jenis file dari MS Office, software ini memungkinkan kamu untuk mengedit dan memformat dokumen yang dibuat di software yang paling banyak digunakan di dunia.

Google Docs (Windows | Android | ChromeOS | iOS | Mac OS)


Google Docs

Google Docs juga merupakan salah satu software perkantoran berbasis cloud yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Program besutan Google ini menghadirkan 3 program, yaitu Docs pengganti Microsoft Word, Sheets pengganti Microsoft Excel, dan Slides pengganti Microsoft PowerPoint.

Tidak ada software khusus yang perlu diinstal ke komputer kamu untuk menggunakan Google Docs. Yang kamu perlukan hanyalah koneksi internet dan akun Google, kamu bisa menggunakan Google Docs dengan bantuan browser.

Tapi, Mode offline memungkinkan kamu untuk mengedit dan memformat dokumen bahkan tanpa koneksi internet yang aktif.

WPS Office (Windows | Android | iOS | Linux)


WPS Office

Selanjutnya, program alternatif Microsoft Office adalah WPS Office. WPS Office sendiri terbagi menjadi tiga program yang berbeda, yaitu Writer (pengganti Ms. Word), Presentation (pengganti Ms. PowerPoint), dan Spreadsheet (pengganti Ms. Excel).

Tampilan WPS Office sendiri tampak mirip seperti versi Microsoft Office yang baru. Dengan terintegrasi secara online, WPS Office sudah didukung fitur penting. Dan untuk memudahkan pengguna, WPS Office sudah menyiapkan template yang sudah siap digunakan.

Kingsoft Office (Windows | Android | iOS | Linux)


Software Kingsoft Office adalah versi freemium dari WPS Office yang merupakan paket program spreadsheet, presentasi dan software pengolah kata. Kingsoft Office juga sebagai salah satu alternatif terbaik dari MS Office.

Sebagian besar fitur dan fungsi Kingsoft Office tersedia secara gratis, Namun jika kamu ingin fitur lebih dari software ini, kamu bisa menggunakan yang versi premium.

Neo Office (Mac OS)


Neo Office

NeoOffice adalah software yang dirancang khusus untuk OS X. Bahkan OpenOffice serta LibreOffice kompatibel dengan OS X, tetapi NeoOffice menambahkan beberapa fitur tambahan ke dalam prosesor OS X kamu yang tidak diberikan oleh OpenOffice dan LibreOffice.

Beberapa ekstensi yang disediakan oleh NeoOffice untuk OS X tidak disediakan bahkan oleh MS Office, seperti Integrasi buku alamat Mozilla Thunderbird, buku alamat KDE, Evolution LDAP dan penyimpanan untuk OS X pada MAC.

[ Baca juga : 5 Cara Transfer File dari Android ke PC Tanpa USB ]

KOffice (Windows | Linux)


KOffice

KOffice adalah salah satu dari platform open source dan pastinya gratis yang sangat mirip dengan MS Office. Beberapa komponen KOffice termasuk KWord (pengolah kata), KSpread (Spreadsheet), KPresenter (Program Presentasi).

Selain itu ada program yang tidak kalah menarik seperti Kexi (program Manajemen Data), Kivio (program flow diagram), Karbon14 (program Gambar Vektor), Krita (Program Cat) , Kugar dan KChart (program laporan dan generator Chart), KFormula (Editor Rumus Matematika) dan KPlato (program Manajemen Proyek).

KOffice datang dengan platform manajemen data sendiri bernama Kexi yang terhubung dengan Microsoft Access. Fitur ini tidak akan kamu jumpai di platform open source lainnya seperti OpenOffice atau LibreOffice.

Itulah beberapa software pengganti Microsoft Office yang bisa kamu dapatkan secara gratis, tentunya hal ini akan menghemat isi dari dompet kamu :)

Software diatas sudah kompatibel dengan sebagian besar format file MS Office. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kompatibilitas dokumen yang dikirimkan seseorang kepada kamu, atau file dokumen yang kamu unduh secara online.


Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp