5 Metode Terbaik Untuk Meningkatkan Unduhan Aplikasi - Kimiko Zakiya | Tutorial Android, Windows, Blog dan Game

5 Metode Terbaik Untuk Meningkatkan Unduhan Aplikasi

5 Metode Terbaik Untuk Meningkatkan Unduhan Aplikasi - Sebagai pengembang aplikasi, menerima lebih banyak unduhan pada aplikasi akan selalu menjadi perhatian utama, ada banyak orang yang secara dinamis mencari berbagai aplikasi seluler setiap harinya seperti di Play Store maupun di App store.

Sebagian besar orang berpikir bahwa membangun aplikasi yang menarik adalah hal yang paling sulit. kamu telah menyelesaikan aplikasi kamu yang berfungsi penuh dan kamu akan percaya itu memiliki tempat teratas pada saat pencarian di toko aplikasi.

Namun, pencapaian itu tidak datang langsung. Banyak hal lain yang harus dilakukan sebelum dan sesudah kamu meluncurkan aplikasi ke PLay Store maupun App Store. yang kamu harus fokuskan adalah bagaimana aplikasi berada di tempat teratas dan pada waktu yang tepat.

Zakiya akan memberitahukan beberapa cara efektif untuk menjadikan aplikasi kamu berada dalam 10 pencarian pertama di Play Store maupun App Store untuk meningkatkan unduhan aplikasi:

#1 - Tingkatkan App Store Optimization


ASO atau App Store Optimization adalah cara penting untuk meningkatkan unduhan aplikasi dengan menambah visibilitas aplikasi kamu di toko Play Store maupun App Store.

Hal yang perlu kamu lakukan disini adalah peningkatan pada setiap elemen metadata seperti judul aplikasi, tangkapan layar dari aplikasi, kata kunci dan deskripsi yang pas untuk aplikasi yang kamu upload di Play Store maupun App Store.

Yang paling membuat orang tertarik mengunduh suatu aplikasi yaitu karena adanya screenshot atau tangkapan layar dari aplikasi itu sendiri, contoh nya seperti aplikasi dibawah ini:
Metode untuk meningkatkan unduhan aplikasi

Dari gambar aplikasi diatas sudah jelas bahwa aplikasi whatsapp adalah aplikasi komunikasi yang bisa mengirim pesan, gambar, video, dokumen dan bisa melakukan panggilan video hal itu bisa kita lihat dari gambar screenshot atau tangkapan layar dari aplikasi tersebut.

Jadi buatlah ikon dan tangkapan layar dari aplikasi kamu semenarik mungkin, untuk menarik peminat orang mengunduh aplikasi kamu, dan ada yang harus diperhatikan lagi yaitu pada deskripsi dari aplikasi itu sendiri.

deskripsi aplikasi

Gambar diatas adalah deskripsi dari aplikasi Whatsapp, kamu disitu bisa dengan jelas mengetahui kegunaan dari aplikasi Whatsapp, kelebihan menggunakan Whatsapp dan deskripsi lainnya, hal itu bisa kamu terapkan juga di aplikasi kamu yang akan membuat aplikasi kamu layak di gunakan.

[ Baca juga : Tips Mencegah aplikasi Berbahaya Terinstall di Android ]


#2 - Membangun Website


Buat situs web eksklusif serta halaman arahan penggunaan aplikasi dan untuk memberi kepercayaan pada orang yang akan mengunduh aplikasi kamu. Menggunakan URL situs web dan halaman arahan di setiap komunikasi berfungsi dengan baik untuk memperoleh banyak lalu lintas ke toko aplikasi dan alamat unduhan aplikasi.

[ Baca juga : Bagaimana Mengidentifikasi Aplikasi Palsu di Google Play Store? ]

#3 - Peringkat dan Ulasan Aplikasi


Rating dan Ulasan aplikasi
Peringkat dan ulasan yang baik juga membantu pelanggan dan algoritma dari toko aplikasi tersebut untuk meningkatkan hasil pencarian aplikasi kamu, maka dari itu buat aplikasi yang sesuai dengan fitur yang sudah kamu jelaskan di deskripsi aplikasi.

Jika fitur dari aplikasi kamu berjalan dengan baik dan tidak ada eror, pastinya orang yang telah menggunakan aplikasi kamu memberikan peringkat dan ulasan yang baik, tapi jika aplikasi kamu memiliki ulasan buruk bahkan tidak ada ulasan dan peringkat, maka laju pengunduhan akan sangat rendah.

Oleh karena itu buat aplikasi yang kaya akan fitur dan fitur tersebut berjalan dengan baik, jangan sampai di Screenshot dan deskripsi aplikasi ada fitur A tapi kenyataannya tidak ada, hal itu akan membuat orang yang mengunduh aplikasi merasa ditipu lalu memberi peringkat dan ulasan yang buruk.

#4 - Promosikan di Media Sosial


Orang-orang menghabiskan berjam-jam di media sosial. Dengan demikian, memusatkan demografi penggunaan aplikasi di media sosial sangat penting, jika perlu gunakan layanan iklan seperti Facebook ads untuk mempromosikan aplikasi ke banyak orang sekaligus.

Untuk promosi gratis kamu bisa memanfaatkan halaman Facebook untuk mempromosikan aplikasi dengan cara posting artikel tentang aplikasi kamu, video demografi aplikasi, dll.

Untuk menambah jumlah unduhan aplikasi, cobalah untuk mendapatkan lebih banyak pengikut di media sosial, sehingga mereka akan membagikan halaman Facebook kamu ke orang lain, maka dari itu buat ulasan tentang aplikasi dan fitur yang ada di aplikasi semenarik mungkin.

#5 - Gunakan Video Demo Aplikasi


Saat aplikasi kamu sudah siap digunakan, buat video yang menunjukkan apa yang sebenarnya isi dari aplikasi kamu, sekali lagi buatlah video yang menarik terkait aplikasi tersebut.

Dalam video promosi tersebut, buat fitur yang diunggulkan disorot lebih banyak, Hal ini untuk menunjukkan apa yang akan didapat pelanggan jika mereka mengunduh aplikasi kamu, video ini bisa kamu tempatkan di screenshot aplikasi di Play Store maupun App Store.

Selain itu kamu bisa mengunggah video promosi dari aplikasi ke YouTube, Facebook dan Media Sosial lainnya, karena pasar aplikasi lebih kompetitif saat ini dan pasti akan ada aplikasi baru yang akan bersaing dengan aplikasi kamu setiap harinya.

Cara diatas bisa kamu terapkan untuk mempromosikan aplikasi, yang akan membantu aplikasi kamu mendapat unduhan lebih banyak dari aplikasi yang sama, dan terakhir dari zakiya semoga artikel ini membantu.

Bagikan artikel ini ke teman kamu!

Facebook Twitter Whatsapp